Yaroslav Rakitskiy Menulis ”Damai untuk Ukraina! Hentikan perang!”

Yaroslav Rakitskiy Menulis ”Damai untuk Ukraina! Hentikan perang!”

Info Main Bola – Bek ini lahir di bagian timur Ukraina dari keluarga berbahasa Rusia pada tahun 1989 tetapi baru saja keluar dari Zenit sebagai tanggapan atas konflik tersebut.

Yaroslav Rakitskiy menulis “Saya orang Ukraina! Damai untuk Ukraina! Hentikan perang!” di Instagram Kamis lalu setelah tentara Rusia memulai invasi ke negaranya. Itu adalah postingan pertamanya dalam bahasa Ukraina, karena ia telah terbiasa berkomunikasi dengan pengikutnya dalam bahasa Rusia.

Akun tersebut, yang menampilkan foto-foto kehidupan dan karir Rakitskiy yang tak terhitung jumlahnya, telah dijadikan sebuah langkah yang tidak biasa bagi seorang bintang sepak bola. Bek itu seharusnya menjadi starter untuk Zenit dalam pertandingan Liga Europa pekan lalu di Betis, tetapi tetap di bangku cadangan.

Pelatih, Sergey Semak, menjelaskan bahwa performa buruk menjadi alasan di balik keputusan tersebut. Rakitskiy tidak bermain untuk Zenit melawan Rubin Kazan pada hari Senin karena Liga Premier Rusia dimulai kembali setelah liburan musim dingin, dengan klub mengklaim bahwa dia tidak fit.

Sangat jelas bahwa kebenaran ada di tempat lain, dan, pada hari Rabu, Zenit mengumumkan bahwa bek telah meninggalkan klub. Yaroslav Rakitskiy Menulis ”Damai untuk Ukraina! Hentikan perang!”

“Karena situasi keluarga yang sulit, pemain meminta untuk mengakhiri kontraknya sebelum waktunya,” bunyi pernyataan resmi. “Kami ingin berterima kasih kepada Yaroslav atas waktunya di St Petersburg dan pendekatannya yang profesional dan penuh semangat terhadap permainan.

“Kami dengan tulus mendoakan yang terbaik untuk Yaroslav dan keluarganya dan berharap bisa bertemu dengannya di lapangan sepak bola.” Berita itu hampir tidak terduga karena Rakitskiy menemukan dirinya dalam situasi putus asa, dengan negara majikannya telah meluncurkan invasi ke tanah airnya. Kisahnya menyoroti kompleksitas konflik Rusia-Ukraina. Tragedi itu absurd dan tidak logis.

Selama beberapa dekade, Ukraina adalah bagian dari Uni Soviet, dan tidak ada perbatasan antara orang-orang Rusia dan Ukraina. Runtuhnya Uni Soviet meninggalkan banyak orang Rusia di Ukraina dan banyak orang Ukraina di Rusia.

Ambil contoh pelatih Zenit Sergey Semak. Dia adalah kapten tim nasional Rusia untuk kampanye bersejarah Euro 2008, ketika mereka mencapai semi-final. Dia juga membintangi CSKA Moskow, Rubin Kazan dan Zenit sebagai pemain, dan sejak itu memenangkan tiga gelar juara di Rusia sebagai pelatih.

Namun, ia lahir di Ukraina, dan orang tuanya masih tinggal di sana, sama seperti kebanyakan keluarganya. Apakah dia orang Rusia? Apakah dia orang Ukraina? Tidak mungkin bagi orang lain selain Semak untuk mengatakannya, dan dia akan memahami situasi Rakitskiy dengan sangat baik.

Rakitskiy lahir di bagian timur Ukraina dari keluarga berbahasa Rusia pada tahun 1989, tepat sebelum Uni Soviet bubar. Setelah orang tuanya bercerai pada 1990-an, ayahnya menikah lagi dan pindah ke St Petersburg, di mana Yaroslav selalu diterima. Kota itu menjadi rumah keduanya.

Rumah pertama adalah Donetsk, saat ia bergabung dengan akademi Shakhtar pada usia 13 tahun, dan segera disebut-sebut sebagai salah satu prospek paling berbakat. Yaroslav Rakitskiy Menulis ”Damai untuk Ukraina! Hentikan perang!”

Pada tahun 2009, ia dipromosikan ke tim utama oleh Mircea Lucescu, yang suka menurunkan pemain Brasil di lini tengah dan menyerang, tetapi mendasarkan lini belakang pada pemain Ukraina.

Penggemar Shakhtar segera membawanya ke hati mereka. Dia adalah anak lokal, lulusan akademi, yang bermain dengan gaya luar biasa.