Emoji Gorila dari Alejandro Garnacho Dianggap Rasis, Andre Onana Buka Suara

Emoji Gorila dari Alejandro Garnacho Dianggap Rasis, Andre Onana Buka Suara
Harry Maguire dan Andre Onana, dua pahlawan kemenangan Manchester United atas FC Copenhagen, Rabu (25/10/2023)

Infomainbola – FA saat ini sedang menyelidiki salah satu cuitan Alejandro Garnacho yang berbau rasis terhadap Andre Onana. Namun Onana meminta penyelidikan itu untuk dihentikan.

Semuanya berawal saat Onana jadi salah satu pahlawan kemenangan Manchester United pada matchday 3 Grup A Liga Champions 2023/2024 melawan FC Copenhagen.

Onana melakukan penyelamatan penalti di menit ke-90+5. Berkat aksinya itu, Man United mempertahankan keunggulan 1-0 dan membawa pulang tiga poin.

Garnacho turut bersuka cita atas kemenangan dramatis tersebut. Dia lalu mengunggah foto selebrasi Onana dan pemain Man United lainnya dengan emoji dua ekor gorila di akun X pribadinya

Dianggap Rasis

Cuitan itu ternyata mengundang masalah. FA kemudian mendalami cuitan tersebut sebagai salah satu ungkapan rasisme.

Dalam pandangan FA, emoji gorila yang digunakan Garnacho merupakan bentuk ekspresi rasis terhadap warna kulit Onana.

Meski Garnacho tidak mengungkapkan secara jelas makna cuitan tersebut, tetapi keberadaan Onana sebagai fokus foto yang diunggah sudah jadi indikasi awal.

Onana Bantah

Onana meminta penyelidikan itu dihentikan. Menurutnya, cuitan tersebut tidak rasis karena dirinya tidak tersinggung sama sekali dengan ungkapan Garnacho.

“Orang-orang tidak bisa menentukan hal apa yang bikin saya tersinggung. Dan saya tahu persis apa maksud cuitan Garnacho: Kekuatan,” katanya.