info main bola Swedia Berkabung, Kelanjutan Pertandingan Lawan Belgia Urusan Belakangan

info main bola – Seantero negeri Swedia sedang berkabung. Dua fans meninggal dunia usai ditembak di sekitar area Stade Roi Baudoin, Brussel, Belgia, Selasa (17/10/2023) WIB.

Kabar tersebut berhembus cepat saat jeda antarbabak pertandingan antara Belgia vs Swedia. Skor pertandingan matchday 8 Grup F Kualifikasi EURO 2024 itu masih sama kuat, 1-1.

Jelang dimulainya babak kedua, perangkat pertandingan memutuskan untuk menyetop pertandingan. Keputusan ini juga disepakati oleh Belgia dan Swedia.

Pelatih Timnas Swedia, Janne Andersson sangat sepakat pertandingan saat itu dihentikan. Soal kelanjutannya, ia tidak begitu peduli.

Laga Belgia vs Terhenti di Babak Pertama
Duel Belgia vs Swedia sejatinya sempat dimainkan hingga babak pertama. Viktor Gyokeres (15’) membawa Swedia unggul lebih dulu sebelum disamakan Romelu Lukaku lewat eksekusi penalti (31’).

Para pemain Swedia pun menolak untuk memainkan babak kedua, dan akhirnya skuad Belgia menyetujuinya. Badan sepak bola Eropa UEFA pun memutuskan untuk tidak melanjutkan laga ini.

“Menyusul dugaan serangan teroris di Brussels malam ini, telah diputuskan setelah berkonsultasi dengan kedua tim dan otoritas kepolisian setempat, bahwa pertandingan kualifikasi UEFA EURO 2024 antara Belgia dan Swedia tidak dilanjutkan,” tulis UEFA di laman resmi mereka.

Tidak Masalah Tidak Dilanjutkan
Andersson menyampaikan, kelanjutan pertandingan ini urusan belakangan. Prioritasnya saat ini adalah keamanan bagi semua orang dan juga Swedia yang sedang berkabung.

“Di jeda antarbabak, saya menerima informasi yang gila. Saya heran dengan apa yang terjadi di dunia ini. Lalu kami memutuskan untuk menyetop pertandingan,” katanya.

“Tidak masalah pertandingan ini mau dilanjutkan atau tidak. Kami sangat sedih. Saya ingin menyampaikan belasungkawa kepada semua keluarga korban,” ucapnya.

Tidak Lagi Menentukan
Di samping itu, laga melawan Belgia tidak lagi menentukan bagi Swedia. Tim berjuluk Blagult ini baru mengumpulkan enam poin dari lima laga yang telah dijalani.

Dari tiga laga tersisa, termasuk melawan Belgia, perolehan poin maksimal yang bisa didapatkan Victor Lindelof dkk tidak mungkin mencapai posisi dua besar.

Sedangkan bagi Belgia, poin dari laga melawan Swedia masih penting. Meski sudah dipastikan lolos, Belgia masih bersaing dengan Austria untuk penentuan juara grup.