Info Main Bola Shin Tae-yong Bicara Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Adakah Perubahan?

Info Main Bola Shin Tae-yong Bicara Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Adakah Perubahan?
Info Main Bola Shin Tae-yong Bicara Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Adakah Perubahan?

infomainbola – Info Main Bola Shin Tae-yong Bicara Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Adakah Perubahan?

Permainan Timnas Indonesia menunjukkan peningkatan. Teranyar, mereka menang 2-0 saat menjamu Turkmenistan dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023).

 

Banyak yang memuji permainan tim Merah Putih di laga itu. Turkmenistan sendiri tidak berhasil lolos ke Piala Asia 2023 yang akan digelar pada Januari 2024. Padahal, mereka menduduki peringkat 138 FIFA atau lebih tinggi dari Timnas Indonesia.

 

Sedangkan Timnas Indonesia yang berada di peringkat ke-150 FIFA berhasil menembus putaran final Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar.

 

Dengan kemenangan ini, apakah Shin Tae-yong sudah memiliki gambaran skuat Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Asia 2023 Qatar pada Januari nanti?

 

“Saat ini saya belum bisa memastikan apakah nanti terdapat perubahan atau tidak saat di Piala Asia nanti,” ungkap Shin Tae-yong.

 

2-0

Secara permainan, Turkmenistan sebenarnya tampil lebih agresif. Mereka sempat berhasil merepotkan pertahanan Timnas Indonesia. Situasinya juga masih menyerang setelah kebobolan gol Dendy.

 

Memasuki babak kedua, dominasi Turkmenistan juga semakin kentara. Namun, mereka kesulitan menembus pertahanan Timnas Indonesia yang tampil solid dengan duet jantung pertahanan Jordi Amat dan Sandy Walsh.

 

Sandy Walsh sendiri menjalani laga debutnya dengan tampil 71 menit sejak menit pertama. Dia lantas diganti oleh Wahyu Prasetyo yang kebetulan juga melakoni pertandingan debut di Timnas Indonesia.

 

Bantuan Tim U-23

Selain itu Shin Tae-yong juga memasang Alfeandra Dewangga sebagai starter. Dia sebenarnya disiapkan untuk Timnas Indonesia U-23, namun beberapa pemain cedera membuat Shin Tae-yong memasukkan Dewa ke tim senior.

 

Lalu Shin Tae-yong juga memanggil lagi pemain yang sebelumnya sempat absen membela timnas Indonesia. Di antaranya adalah kiper Nadeo Argawinata, winger Adam Alis, dan winger Egy Maulana Vikri.

 

Nadeo dipasang sebagai starter bahkan bermain sepanjang pertandingan dan mampu melakukan empat penyelamatan. Lalu Adam Alis juga main sejak awal, namun digantikan oleh Andy Setyo pada menit ke-85.

 

Egy Comeback

Sedangkan Egy Maulana Vikri masuk pada babak kedua menggantikan Alfeandra Dewangga. Meski hanya tampil 45 menit, Egy berhasil mencetak satu gol dalam laga comeback ini.

 

Wajar Shin Tae-yong masih belum memikirkan skuat Piala Asia 2023. Sebab, ada rencana dari PSSI untuk kembali menaturalisasi pemain.

 

“Tetapi, setelah pemain naturalisasi dan kemudian datang di timnas, pasti akan ada perubahan,”ungkap pelatih berpaspor Korea Selatan itu.

 

Kabar Naturalisasi

Timnas Indonesia dikabarkan akan menaturalisasi pemain liga Italia, Jay Idzes. Pemain keturunan Indonesia itu saat ini bermain di klub, Serie B Italia Venezia. Jay Idzes bahkan telah diperkenalkan dalam unggahan instagram Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

 

Sementara itu pemain Swansea City, Nathan Tjoe-A-On berminat membela timnas Indonesia. Bek berdarah Belanda itu sempat tampil di kompetisi Eredivisie dan kini menjajal Divisi Championship Inggris.