info mian bola Luciano Spalletti Jadi Pelatih Baru Italia Usai Kepergian Roberto Mancini

info mian bola Luciano Spalletti Jadi Pelatih Baru Italia Usai Kepergian Roberto Mancini
info mian bola Luciano Spalletti Jadi Pelatih Baru Italia Usai Kepergian Roberto Mancini

 

info mian bola – Luciano Spalletti Jadi Pelatih Baru Italia Usai Kepergian Roberto Mancini

Italia menunjuk Luciano Spalletti sebagai pelatih baru. Eks pelatih Napoli itu dipercaya menangani tim menyusul kepergian Roberto Mancini beberapa waktu lalu.

Spalletti meninggalkan kursi pelatih Napoli musim panas ini. Dia pergi dengan kepala tegak setelah menuntun tim meraih gelar juara Serie A, trofi pertama dalam 33 tahun.

Awalnya, dikabarkan bahwa Spalletti pergi untuk beristirahat. Dia akan mengambil waktu istirahat selama satu tahun penuh sebelum akhirnya kembali ke dunia sepak bola.

Mancini tinggalkan Italia

13 Agustus 2023, Roberto Mancini memutuskan mundur sebagai pelatih Italia. Tidak ada keterangan resmi soal alasan Mancini meninggalkan tim.

Dia telah memimpin Timnas Italia selama lima tahun terakhir, menuntun mereka jadi juara Euro 2020 dengan mengalahkan Inggris di final lewat drama adu penalti.

Biar begitu, Mancini gagal membawa Italia ke putaran final Piala Dunia 2022 lalu. Kegagalan ini dianggap sangat fatal, posisi Mancini mulai goyah.

Dilanjutkan Spalletti

Kekosongan kursi pelatih Timnas Italia hanya bertahan selama beberapa hari. Federasi sepak bola Italia (FIGC) bergerak cepat dan menunjuk Spalletti yang baru akan bekerja per 1 September 2023 mendatang.

“Tim nasional membutuhkan pelatih hebat dan saya sangat senang bahwa dia [Spalletti] menerima tawaran kami,” ujar presiden FIGC, Gabriele Gravina.

“Antusiasme dan kemampuannya akan menjadi landasan fundamental untuk menghadapi tantangan yang menanti Italia dalam beberapa bulan ke depan.”

Spalletti sendiri sudah berkarier cukup panjang di dunia kepelatihan, khususnya di Italia. Dia pernah menangani AS Roma, inter Milan, dan menuntun Napoli meraih Scudetto.