5 Fakta Menarik saat Manchester City Juara Piala Super Eropa 2023: Pep Guardiola Ukir Dua Rekor Baru

5 Fakta Menarik saat Manchester City Juara Piala Super Eropa 2023: Pep Guardiola Ukir Dua Rekor Baru
Manajer Manchester City, Josep Guardiola memenangkan Piala Super Eropa 2023.

InfoMainBola – Dominasi Manchester City belum berhenti. Kali ini, Man City sukses jadi juara Piala Super Eropa 2023. Itu jadi gelar pertama Cityzens sepanjang sejarah.

Man City harus melalui pertandingan yang mendebarkan untuk bisa mengangkat trofi tersebut. Sevilla cukup tangguh untuk dihadapi selama waktu normal. Skor imbang 1-1.

Laga yang berlangsung di Stadio Georgios Kariskaki, Yunani, Kamis (17/8/2023) WIB, itu pun akhirnya dilanjutkan ke babak adu penalti. Man City menang 5-4 setelah penendang terakhir Sevilla gagal mengonversi tendangannya jadi gol.

Dengan kemenangan ini, terdapat lima fakta menarik yang mengiringi kesuksesan Man City mengangkat trofi baru mereka sepanjang sejarah. Apa saja?

Tim Ketiga Pep
Josep Guardiola tampaknya ditakdirkan untuk selalu mencatatkan rekor selama ia masih berkarier. Sebab, ia mencatatkan setidaknya dua rekor baru setelah final ini.

Rekor pertamanya adalah trofi Piala Super Eropa sejatinya bukan pertama kali diangkat oleh Pep. Ia sudah pernah mengangkatnya dengan Bayern Munchen dan Barcelona.

Dengan begitu, Pep jadi pelatih pertama yang berhasil memenangkan Piala Super Eropa dengan tiga tim berbeda!

Pep Samai Rekor Ancelotti
Kemenangan yang diraih bersama Man City membuat Pep menyamai rekor yang sebelumnya hanya dimiliki Carlo Ancelotti. Rekor tersebut berupa jumlah trofi.

Ancelotti awalnya jadi manajer dengan trofi Piala Super Eropa terbanyak. Ia memenangkannya empat kali. Sekarang, jumlahnya disamai oleh Pep.

Pep juga telah memenangkan empat trofi Piala Super Eropa. Dua di antaranya saat masih menangani Barcelona, lalu masing-masing satu saat mengasuh Bayern Munchen dan Manchester City.

Rajanya Liga Europa Rangkap Jadi Spesialis Runner-up Piala Super Eropa
Sevilla bukan pertamanya kalinya kecewa di partai final Piala Super Eropa. Sevilla yang disebut-sebut sebagai rajanya Liga Europa itu sudah kecewa berkali-kali.

Sevilla tercatat sudah masuk ke final Piaal Super Eropa sebanyak tujuh kali! Tahu hanya berapa yang dimenangkan Sevilla? Satu!

Ya, enam final lainnya berakhir dengan kekalahan alias Sevilla menasbihkan diri sebagai tim dengan spesialis runner-up Piala Super Eropa.

23 Tahun 15 Trofi
Masa keemasan Phil Foden terlalu awal untuk dinikmati. Di usianya yang baru menginjak 23 tahun, ia sukses menggondol total 15 trofi sepanjang kariernya.

Trofi terbarunya tentu saja Piala Super Eropa ini. Sebelumnya, Foden sudah menang Liga Inggris (5x), Piala Inggris (4x), Piala FA (2x), Community Shield (2x), dan Liga Champions (1x).

Dengan kata lain, Foden telah memenangkan setiap trofi kompetisi yang diikuti Man City. Satu-satunya yang kurang dalam koleksinya hanyalah Piala Dunia Antarklub.

Palmer Samai Rekor Owen
Tidak hanya Foden yang punya fakta menarik selepas final. Cole Palmer, pencetak gol semata wayang Man City pun punya fakta menarik.

Palmer jadi pemain kedua sepanjang sejarah sepak bola yang mencetak gol di Community Shield dan Piala Super Eropa di tahun yang sama.

Sebelumnya, hanya ada satu pemain yang pernah melakukannya, yaitu Michael Owen. Momen ini pun telah terjadi pada 2001 silam.