5 Pemain Pilar di Balik Kesuksesan Inggris Menjuarai Euro U-21 2023

5 Pemain Pilar di Balik Kesuksesan Inggris Menjuarai Euro U-21 2023
Inggris, juara Euro U-21 2023 (c) AP Photo/Tamuna Kulumbegashvili

InfoMainBola – Inggris U-21 berhasil menjuarai Euro U-21 2023. The Young Lions jadi juara usai menaklukkan Spanyol U-21 di final.

Partai final digelar di Adjarabet Arena, Batumi, Georgia, Sabtu, 8 Juli 2023. Inggris menang tipis 1-0, di mana gol tunggal mereka tercatat atas nama Curtis Jones pada menit 45+4.

Inggris meraih gelar mereka yang ketiga di turnamen ini setelah sebelumnya juara pada edisi 1982 dan 1984. Inggris kini sejajar dengan Jerman, hanya kalah dari Spanyol dan Italia (masing-masing lima gelar).

Di balik kesuksesan Inggris menjuarai Euro U-21 2023, ada setidaknya lima pemain pilar yang berjasa sangat besar. Berikut ulasannya.

James Trafford

Posisi: Kiper
Usia: 20
Klub: Manchester City

Enam pertandingan dimainkan Inggris dari peyisihan grup hingga final. Dalam enam laga itu, mereka tak sekali pun kebobolan. James Trafford mencatatkan enam clean sheet dalam enam laga, termasuk menepis penalti injury time Abel Ruiz di final.

Levi Colwill

Posisi: Bek sentral
Usia: 20
Klub: Chelsea

Di balik enam clean sheet Inggris, selain ketangguhan kiper James Trafford, tentu saja ada lini belakang yang solid. Levi Colwill, bersama Taylor Harwood-Bellis, di jantung pertahanan tampil impresif sepanjang turnamen. Di final kontra Spanyol, Colwill bahkan termasuk salah satu yang bermain paling apik.

Curtis Jones

Posisi: Gelandang
Usia: 22
Klub: Liverpool

Dia memainkan lima pertandingan di turnamen ini. Di semifinal lawan Israel, dia terpilih jadi Man of the Match. Di final lawan Spanyol, gol tunggalnya hasil deflecting tendangan bebas Cole Palmer memberi Inggris kemenangan. Dia juga terpilih sebagai Man of the Match berkat permainannya yang impresif di antara kedua lini.

Emile Smith Rowe

Posisi: Sayap
Usia: 22
Klub: Arsenal

Hanya enam pemain yang selalu tampil dalam enam laga Inggris di turnamen ini. Salah satunya adalah Smith Rowe. Dia menyumbang dua gol. Masing-masing satu gol dicetaknya ke gawang Republik Ceko dan Israel di penyisihan grup.

Anthony Gordon

Posisi: Penyerang
Usia: 22
Klub: Newcastle

Di klubnya, Gordon adalah seorang winger. Di turnamen ini, dia dipasang sebagai center forward oleh pelatih Lee Carsley. Dia mencetak dua gol, yakni ke gawang Israel di fase grup dan kontra Portugal di perempat final, serta satu assist. Menampilkan permainan level tinggi secara konsisten dalam enam laga di sepanjang turnamen, dia bahkan terpilih sebagai Pemain Terbaik Euro U-21 2023.