5 Pemain Barcelona yang Ternyata Pernah Meraih Penghargaan Bergengsi Ballon dOr, Nomor 1 Lionel Messi!

5 Pemain Barcelona yang Ternyata Pernah Meraih Penghargaan Bergengsi Ballon dOr, Nomor 1 Lionel Messi!
Lionel Messi bersama trofi-trofi Ballon dOr-nya

InfoMainBola – Sebanyak 5 pemain Barcelona yang ternyata pernah meraih penghargaan bergengsi Ballon dOr akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah Lionel Messi.

Meraih Ballon dOr adalah pencapaian tertinggi bagi seorang pesepakbola di level individual. Sebagai salah satu klub terbesar di dunia, tak heran jika Barcelona punya banyak pemain terbaik yang pernah dinobatkan meraih Ballon dOr.

Setidaknya, ada lima pemain Barcelona yang pernah meraih Ballon dOr. Siapa sajakah mereka? Simak pembahasan kami berikut ini.

Berikut 5 Pemain Barcelona yang Ternyata Pernah Meraih Penghargaan Bergengsi Ballon dOr

5. Johan Cruyff

Di sepanjang kariernya, Johan Cruyff tercatat pernah meraih gelar Ballon d’Or tiga kali. Dua di antaranya diraih bersama Ajax Amsterdam, yaitu pada tahun 1971 dan 1973.

Dia pindah ke Barcelona pada musim panas 1973 dan memenangkan Ballon dOr lagi pada 1974. Selama di Barcelona, Cruyff memainkan total 180 laga dengan mencetak 60 gol dan mempersembahkan satu gelar Liga Spanyol dan satu Copa del Rey.

4. Hristo Stoichkov

Hristo Stoichkov adalah pemain legendaris asal Bulgaria. Dia berkarier di Barcelona dalam dua periode berbeda, yaitu dari 1990 hingga 1995 dan kemudian tahun 1996 hingga 1998.

Selama membela Barcelona, Stoichkov sukses mencetak 117 gol dari 255 pertandingan dengan mempersembahkan berbagai gelar bergengsi, termasuk satu trofi Liga Champions dan lima gelar juara Liga Spanyol. Dia memenangkan penghargaan Ballon dOr-nya pada tahun 1994.

3. Rivaldo

Rivaldo merupakan salah satu pemain terbaik di masanya. Gelandang serang asal Brasil ini tercatat pernah membela Barcelona di antara tahun 1997 hingga 2002 silam.

Selama lima tahun di Camp Nou, Rivaldo sukses mencetak 130 dan 44 assist dari 235 laga di semua ajang dengan mempersembahkan berbagai trofi bergengsi, terasuk dua gelar juara Liga Spanyol. Pada 1999, dia dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia lewat Ballon dOr.

2. Ronaldinho

Ronaldinho menghabiskan tahun-tahun terbaiknya di Barcelona. Dia bermain untuk kubu Camp Nou setelah direkrut dari Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2003 hingga digaet AC Milan pada 2008.

Pemain legendaris Brasil ini memaikan total 207 laga bersama La Blaugrana – julukan Barcelona – dengan mencetak 94 gol dan 70 assist, dengan mempersembahkan sebuah trofi Liga Champions dan dua gelar juara Liga Spanyol. Dia memenangkan penghargaan Ballon dOr pada tahun 2005.

1. Lionel Messi

Lionel Messi merupakan peraih Ballon dOr terbanyak sepanjang masa dengan total raihan tujuh gelar. Dia merengkuh enam gelar di antaranya ketika berkostum Barcelona, sedangkan satu lainnya ketika berstatus sebagai pemain PSG.

Enam gelar Ballon dOr milik Messi bersama Barcelona diraih pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019. Sedangkan satu gelar yang direngkuh bersama PSG adalah pada 2021. Namun, Messi juga menghabiskan setengah tahun sebelumnya bersama Barcelona.

Messi merupakan top skor sepanjang masa Barcelona dengan catatan 672 gol dari 778 penampilan. Kegemilangannya pun menghasilkan berbagai trofi prestisius untuk Barcelona, termasuk 10 gelar juara Liga Spanyol dan empat trofi Liga Champions.