Info Main Bola Wasit VAR yang Buat Kesalahan dan Rugikan Arsenal Dapat Hukuman Skorsing

Auto Draft
Info Main Bola Wasit VAR yang Buat Kesalahan dan Rugikan Arsenal Dapat Hukuman Skorsing

infomainbola – Info Main Bola Wasit VAR yang Buat Kesalahan dan Rugikan Arsenal Dapat Hukuman Skorsing

Arsenal mungkin tidak akan pernah mendapatkan ganti rugi poin, tapi paling tidak wasit VAR yang merugikan mereka akhir pekan lalu bakal mendapatkan hukuman kerja.

 

Sabtu (11/2/2023), Arsenal dipaksa puas dengan satu poin usai ditahan imbang Brentford dengan skor 1-1 dalam duel lanjutan Liga Inggris 2022-2023. The Gunners kehilangan dua poin berharga.

 

Hasil imbang ini buruk bagi Arsenal yang tengah bertarung dengan Manchester City di puncak klasemen sementara. Arsenal sedang memimpin, jadi hasil imbang kemarin membuat mereka kehilangan keunggulan signifikan.

 

Sebelumnya Arsenal menjaga jarak 5 poin dari Man City. Nah, karena hasil imbang kemarin, selisih tersebut terpangkas jadi 3 poin saja.

 

Kesalahan wasit VAR

Sabtu (11/2/2023), Arsenal cukup kesulitan menghadapi perlawanan tangguh Brentford. Laga sempat terkunci 0-0 di 45 pertama, tapi akhirnya Arsenal bisa mencetak gol di menit ke-66 lewat aksi Leandro Trossard.

 

Sayangnya keunggulan tidak bertahan lama, Brentford menyamakan kedudukan delapan menit berselang melalui gol Ivan Toney. Nah gol Ivan Toney inilah yang menimbulkan kontroversi.

 

Ivan Toney mencetak gol dengan menyundul umpan silang Christian Norgaard yang memanjakan penyerang. Sundulan dari jarak dekat membuat Aaron Ramsdale tidak berkutik.

 

Namun, gol tersebut sempat membuat laga terhenti selama beberapa menit. Wasit dan ofisial VAR perlu melihat tayangan ulang berkali-kali untuk melihat potensi offside.

 

Ada kemungkinan offside dari Pinnock dari tendangan bebas awal yang diambil oleh Mathias Jensen. VAR mengonfirmasi Pinnock aman, tapi ofisial Lee Mason ternyata lupa memasang garis offside untuk pergerakan Norgaard.

 

Gampangnya, ada beberapa pemain Brentford yang terlihat berada di posisi offside dalam skema tendangan bebas tersebut. Nah, wasit VAR hanya memasang garis imajiner untuk menentukan posisi Pinnock, tapi lupa melakukan hal yang sama untuk posisi Norgaard.

 

Permintaan maaf dan skorsing

Beberapa saat setelah pertandingan, PGMOL (Professional Game Match Officials) alilas badan ofisial sepak bola Inggris menyampaikan permintaan terbuka terkait kesalahan wasit Lee Mason dalam pertandingan tersebut.

 

Mereka mengakui bahwa ada human error dalam pengambilan keputusan kemarin yang pada akhirnya merugikan Arsenal. Sayangnya, tentu Arsenal tidak bisa mendapatkan dua poin mereka kembali.

 

Terkini, disebutkan bahwa wasit Lee Mason yang membuat kesalahan tersebut harus menepi untuk sementara. Mason mendapatkan skorsing tidak boleh menjadi pengadil pertandingan untuk akhir pekan ini.

 

Belum jelas soal berapa lama Mason akan menjalani hukuman skorsing. Setidaknya langkah ini akan diapresiasi oleh pihak klub, khususnya Arsenal.

 

Masa wasit lupa garis offside?

Kesalahan wasit Lee Mason ini pun mengundang tanda tanya besar. Untuk ukuran wasit yang sudah berpengalaman selama belasan tahun, seharusnya insiden semacam ini tidak terjadi.

 

“Disebutkan bahwa dia [Lee Mason] lupa menarik garis offside. Jika benar itu yang terjadi, maka dia tidak layak untuk mengemban pekerjaan tersebut,” kata analis Premier League, Kevin Campbell.

 

“Itulah yang jadi kekhawatiran saya. Bukan karena saya fans Arsenal, jelas bahwa kasus ini bermasalah,” tandasnya.

 

Jadwal Arsenal

Pertandingan: Arsenal vs Man City
Venue: Emirates Stadium
Waktu: Kamis, 16 Februari 2023
Kick-off: 02.30 WIB