Info Main Bola 5 Kontroversi Park Hang-seo Jelang Timnas Indonesia Vs Vietnam: Curiga Banyak Mata-mata, Dari Wartawan Korea sampai Satpam GBK

Info Main Bola 5 Kontroversi Park Hang-seo Jelang Timnas Indonesia Vs Vietnam: Curiga Banyak Mata-mata, Dari Wartawan Korea sampai Satpam GBK
Info Main Bola 5 Kontroversi Park Hang-seo Jelang Timnas Indonesia Vs Vietnam: Curiga Banyak Mata-mata, Dari Wartawan Korea sampai Satpam GBK

Info Main Bola – Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo sudah ‘panas’ duluan menjelang duel timnya melawan Timnas Indonesia pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Bentok Timnas Indonesia versus Vietnam digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023) sore WIB.

Park Hang-seo mulai menangani Vietnam pada 2017. Selain tim senior, arsitek berusia 65 tahun itu juga memoles tim U-23 skuad berjulukan Golden Star Warriors itu.

Menurut catatan Transfermarkt, Park Hang-seo telah berhadapan tiga kali dengan Timnas Indonesia sebagai pelatih Vietnam.

Park Hang-seo membawa Vietnam menang dua kali atas Timnas Indonesia 3-1 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan 4-0 dalam kejuaraan yang sama. Terakhir, Vietnam racikan Park Hang-seo diimbangi Timnas Indonesia 0-0 dalam babak penyisihan Piala AFF 2020.

Namun, Park Hang-seo dibayangi catatan buruk kala Vietnam bertemu dengan Timnas Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF. Golden Star Warriors nihil kemenangan atas pasukan Shin Tae-yong itu dalam 26 tahun terakhir.

Pamer Kekuatan

Park Hang-seo melancarkan perang urat syaraf kepada Timnas Indonesia menjelang babak semifinal Piala AFF 2022. Apa yang dikatakan pria asal Korea Selatan itu?

“Statistik selalu bisa dipecahkan. Sejak saya melatih Vietnam, saya tidak pernah kalah dari Timnas Indonesia,” ujar Park Hang-seo dinukil dari media Vietnam, Zing News

Tuduh Ada Mata-mata, Padahal Wartawan Korea

Park Hang-seo menunjuk-nunjuk dua orang wartawan Korea Selatan yang memakai polo shirt Timnas Indonesia dalam konferensi pers untuk babak semifinal Piala AFF 2022.

Park Hang-seo mencurigai keduanya adalah staf dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sebab, keduanya memakai polo shirt Mills dengan logo tim berjulukan Skuad Garuda ini.

Park Hang-seo lalu berdiskusi dengan penerjemahnya dan media officer AFF terkait keberadaan dua pewarta itu.

Setelah berbincang-bincang, Park Hang-seo menerima keberadaan dua pewarta Korea Selatan itu dalam konferensi pers sembari tertawa dengan sinis. “Oke, oke,” kata Park Hang-seo.

Dilihat dari kartu wartawan untuk meliput Piala AFF 2022, satu dari dua wartawan Korea Selatan itu tertulis berasal dari media Snowball.

Keduanya telah meliput Timnas Indonesia, terutama Shin Tae-yong sejak Piala AFF 2022 dimulai. Satu di antara keduanya bahkan terus memegang kamera untuk mendokumentasikan juru taktik berusia 53 tahun itu.

Konferensi pers Park Hang-seo tidak berlangsung lama. Durasinya kurang lebih delapan menit. Arsitek asal Korea Selatan itu hanya menjawab satu pertanyaan.

Kick-off Dimajukan, Sewot

Park Hang-seo menganggap bahwa sepak mula Timnas Indonesia kontra Vietnam seharusnya digelar pada pukul 19.30 WIB, namun diubah karena alasan keselamatan.

“Karena faktor keamanan, saya tidak dapat memahami mereka mengubah kick-off pertandingan,” ujar Park Hang-seo dalam konferensi pers sebelum bertanding di SUGBK, Kamis (5/1/2023).

Buntut dari sepak mula sore hari itu, Park Hang-seo bahak sampai mempertanyakan kesiapan Indonesia yang juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023. Info Main Bola

“Saya juga tidak tahu bagaimana mereka bakal menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023 dalam waktu dekat,” imbuh Park Hang-seo.

Satpam dan Panpel Piala AFF 2022 Diusir
Saat sesi latihan Vietnam, setelah 25 menit, awak media diminta untuk meninggalkan lapangan SUGBK. Namun, ternyata aturan yang sama juga diberlakukan untuk semua orang yang ada di area stadion.

Satpam hingga panitia pelaksana pertandingan juga diminta meninggalkan area stadion. Pengusiran itu dilakukan karena Vietnam ingin menggelar latihan taktik jelang menghadapi Timnas Indonesia.

“Saya tidak butuh pengamanan di sini,” kata Park Hang-seo yang diterjemahkan oleh penerjemahnya.

Tiba-tiba Batalkan Latihan

Vietnam tiba-tiba membatalkan sesi latihan perdana di Indonesia jelang semifinal Piala AFF 2022. Faktor kelelahan menjadi penyebab batalnya sesi latihan dari pasukan Park Hang-seo itu.

Vietnam tiba di Indonesia pada Rabu (4/1/2023) sore WIB. Skuad berjulukan Golden Star Warriors menempuh perjalanan panjang dari Ho Chi Minh City ke Jakarta yang memakan waktu belasan jam dengan transit.

Vietnam sudah bertolak sejak Rabu (3/1/2023) malam. Namun, harus melalui perjalanan panjang karena minimnya jadwal penerbangan dari sana ke Indonesia.

Awalnya Vietnam menjadwalkan sesi latihan perdana pada malam hari. Namun, pelatih Park Hang-seo mengurungkan latihan tersebut karena alasan kelelahan.

“Karena kelelahan, tim Vietnam tidak jadi ambil latihan malam ini,” bunyi keterangan dari PSSI.

Agen BandarQQ
Agen BandarQQ