5 Final Piala Dunia Terbaik dan Tidak Bisa Dilupakan Sepanjang Sejarah, Nomor 1 Argentina vs Prancis!

Auto Draft
Berikut 5 final Piala Dunia terbaik dan tidak bisa dilupakan sepanjang sejarah

InfoMainBola – SEBANYAK 5 final Piala Dunia terbaik dan tidak mudah dilupakan sepanjang sejarah akan diulas dalam artikel ini. Turnamen Piala Dunia 2022 telah berakhir dengan Argentina sebagai juaranya setelah menang adu penalti dengan skor akhir 4-2, Minggu 18 Desember 2022.

Para penggemar tentu harus bersabar menunggu Piala Dunia selanjutnya. Sebab, Piala Dunia baru kembali dihelat pada 2026 mendatang di benua Amerika.

Namun, untuk mengingat kembali momen Piala Dunia, Okezone akan membahas soal final terbaik di Piala Dunia. Lantas, final mana saja yang dimaksud?

Berikut 5 final Piala Dunia terbaik dan tidak bisa dilupakan sepanjang sejarah:

5. Uruguay vs Brasil (Piala Dunia 1950)

Partai final Piala Dunia 1950 antara Brasil vs Uruguay menjadin momen paling bersejarah dan susah dilupakan. Laga penentu tersebut berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, dan dihadiri sekitar 173.850 penonton.

Brasil sejak awal menjadi negara yang paling diunggulkan. Namun sayangnya, Uruguay justru berhasil menang 2-1 atas Brasil. Padahal Brasil bertindak sebagai tuan rumah ketika itu.

4. Brasil vs Italia (Piala Dunia 1970)

Laga final Piala Dunia yang tak terlupakan berikutnya ada pada edisi 1970. Di partai final ini Tim Samba dipertemukan dengan Tim Gli Azzurri di Estadio Azteca, Meksiko.

Timnas Brasil yang saat itu diperkuat oleh pemain-pemain hebat, seperti Pele, Jairzinho, Tostao, Rivelino, Gerson, Carlos Alberto dan Clodoaldo berhasil melesakkan 4 gol ke gawang Italia. Berkat torehan gol itu, Brasil menang 4-1 atas Italia.

Bahkan dalam laga tersebut Pele berhasil meraih tiga trofi yang sulit diraih oleh pemain lain. Karena itu final Brasil vs Italia di Piala Dunia 1970 dianggap sebagai final terbaik dan tak terlupakan.

3. Belanda vs Spanyol (Piala Dunia 2010)

Piala Dunia 2010 menjadi salah satu edisi Piala Dunia termeriah sepanjang sejarah. Saat itu Afrika Selatan menjadi tuan rumah turnamen paling bergengsi tersebut.

Uniknya, final Piala Dunia 2010 merupakan laga terbrutal karena wasit harus mengeluarkan 13 kartu pada para pemain. Di mana Spanyol mendapatkan 5 kartu kuning dan Belanda 7 kartu kuning serta 1 kartu merah.

Laga sengit nan panas itu pun berakhir dengan Spanyol sebagai juaranya. La Furia Roja (julukan Timnas Spanyol) menang berkat gol tunggal Andres Iniesta pada menit ke-116.

2. Prancis vs Kroasia (Piala Dunia 2018)

Rusia menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia 2018. Di edisi itu, Kroasia berhasil tampil apik sebagai kuda hitam. Negara ini telah mengalahkan tim-tim besar, seperti Brasil, Argentina, hingga Potugal.

Namun, di final Kroasia berhasil ditumbangkan oleh Prancis yang saat itu diperkuat oleh sejumlah pemain berkualitas. Sebut saja Kylian Mbappe, Paul Pogba, hingga NGolo Kante. Bahkan, Kroasia dibikin malu lantaran takluk 2-4 dari Prancis.

1. Argentina vs Prancis (Piala Dunia 2022)

Prancis kembali masuk ke babak final setelah sebelumnya memenangkan Piala Dunia 2018. Pada edisi Piala Dunia 2022, Prancis beradu dengan Argentina yang saat itu diperkuat oleh Lionel Messi.

Laga berlangsung sengit dengan skor imbang 3-3 selama 120 menit. Argentina akhirnya menjadi juara setelah memenangkan adu penalti dengan skor akhir 4-2. Laga itu pun dikenal sebagai pertandingan final terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia.

Itulah 5 final Piala Dunia terbaik dan tidak bisa dilupakan sepanjang sejarah.