Info Main Bola Hasil Piala AFF 2022: Vietnam Permalukan Laos 6-0

 

Info Main Bola Hasil Piala AFF 2022: Vietnam Permalukan Laos 6-0
Vientiane – Vietnam mengemas tiga poin pertama di Piala AFF 2022 dengan gemilang. The Golden Star Warriors mempermalukan Laos enam gol tanpa balas di laga Grup B.

Info Main Bola – Vientiane – Vietnam mengemas tiga poin pertama di Piala AFF 2022 dengan gemilang. The Golden Star Warriors mempermalukan Laos enam gol tanpa balas di laga Grup B.

Bertanding di New Laos National Stadium, Vientiane, Laos, Rabu (21/12/2022), Laos vs Vietnam sempat berjalan ketat di sepuluh menit pertama. Laos bahkan bisa menebar bahaya lewat aksi Sukaphon Vongchiengkham, yang bisa diantisipasi kiper Vietnam, Dang Van Lam.

Di menit ke-15, Vietnam mengejutkan Laos lewat golnya. Nguyen Tien Linh menjebol gawang Keo-Oudone Souvannasangso lewat sebuah sundulan, memanfaatkan crossing terukur Doan Van Hau. Vietnam memimpin 1-0.

Unggul satu gol membuat Vietnam bersemangat. Anak asuh park Hang-seo langsung membombardir Laos lewat banyak peluang.

Namun, gol baru bisa ditambah Vietnam jelang istirahat. Do Hung Dung mencetak gol kedua Vietnam di menit ke-43, lewat sebuah sepakan kaki kanan di dalam kotak penalti. Vietnam unggul dengan skor 2-0 saat jeda.

Di babak kedua, Vietnam tak mengendurkan tekanannya. Alhasil, tiga gol bisa ditambah juara dua kali Piala AFF itu.

Dua gol bisa dicetak beruntun dengan cepat di menit ke-56 dan 58. Gol dilesakkan Ho Tan Tai, memanfaatkan assist Nguyen Thanh Chung. Dua menit berselang, giliran Doan Van Hau yang mencatatkan namanya di papan skor. Vietnam memimpin 4-0.

Gol kelima kemudian bisa dicetak pada menit ke-82, lewat Nguyen Van Toan. Sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti mengirim masuk bola ke gawang Laos, yang benar-benar tak bisa berbuat banyak di laga ini.

Dan gol keenam dicetak Vietnam di masa injury time. Vu Van Thanh memastikan Vietnam menang 6-0 atas Laos di laga perdana mereka di Grup B.

Kemenangan ini membuat Vietnam langsung memimpin Grup B dengan tiga poin, menyalip Malaysia, yang sebelumnya menang 1-0 atas Myanmar. Vietnam juga sementara mencatat kemenangan terbesar di Piala AFF 2022.

Laos: Keo-Oudone Souvannasangso, At Viengkham, Phoutthavong Sangvilay, Anantaza Siphongphan, Nalongsit Chanthalangsy, Sukaphon Vongchiengkham, Chanthavixay Khounthoumphone, Chony Waenpaseuth, Soukphachan Lueanthala, Anousone Xaypanya, Billy Ketkeophomphone

Vietnam: Dang Van Lam, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Doan Van Hau, Nguyen Thành Chung, Ho Tan Tài, Do Hùng Dung, Nguyen Hoàng Duc, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc