Info Main Bola PSSI Paham Alasan Elkan Baggott Tak Ikut Piala AFF 2022

Info Main Bola PSSI Paham Alasan Elkan Baggott Tak Ikut Piala AFF 2022
PSSI memahami keputusan Elkan Baggott bertahan di Gillingham, yang berarti pemain berdarah Inggris itu akan absen membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Info Main Bola – Jakarta – PSSI memahami keputusan Elkan Baggott bertahan di Gillingham, yang berarti pemain berdarah Inggris itu akan absen membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Keputusan Elkan Baggott itu diungkapkan Manajer Gillingham Neil Harris. Pihak klub juga menyambut keputusan Elkan Baggott dengan gembira, sebab bek jangkung itu tengah menjadi andalan klub.

Sejauh ini ia sudah mencatat 17 penampilan dari 20 laga yang sudah dimainkan Gillingham di League Two atau kompetisi level keempat di Inggris. Kompetisi di Inggris masih akan berlangsung saat gelaran Piala AFF digelar mulai 20 Desember.

Elkan Baggott tengah menikmati masa peminjamannya di Gillingham dan mendapat banyak kesempatan bermain. Dengan kondisi itu, PSSI memahami keputusan sang pemain untuk tak memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

“Teman-teman juga kan tahu bahwa Piala AFF ini tidak termasuk dalam kalender FIFA yang mewajibkan para pemain-pemain diberikan (klub). Tetapi untuk klub yang ada di dalam negeri ya kami berharap itu tidak menjadi alasan,” kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Jumat (16/12/2022).

“Tetapi kalau untuk pemain-pemain yang bermain di luar memang kami inginnya mereka bergabung semua. Coach Shin Tae-yong sampai datang ke Inggris menemui Elkan Baggott, dan di situ coach Shin Tae-yong menyampaikan mungkin tidak perlu semua pertandingan Elkan Baggott bisa bermain,” ujarnya menambahkan.

Opsi yang diberikan Shin Tae-yong adalah Elkan Baggott tak harus bermain sepanjang gelaran. Kemudian muncul wacana pemain kelahiran Bangkok, Thailand, untuk tampil di semifinal atau final saja.

Pada akhirnya opsi tersebut mungkin tetap tak akan terlaksana. Elkan Baggott memilih bertahan di klub yang sedang memberinya banyak kepercayaan menurunkannya dalam laga kompetisi domestik.

“Sampai detik ini belum ada jawaban pasti yang diberikan oleh klub Elkan kapan dia bisa dilepas. PSSI komunikasi, saya juga komunikasi dengan Elkan sampai detik ini. Dia masih belum bisa memastikan klubnya di pertandingan mana dia bisa dilepas nanti,” ucap Indra Sjafri.

“Saya tidak bisa jamin itu, tetapi saya yakin dengan skuad yang ada sekarang kita cukup untuk bisa kompetitif, minimal di pertandingan grup,” tuturnya.

Selain itu, Gillingham juga dijadwalkan akan menghadapi dua klub Liga Primer pada dua turnamen domestik berbeda. The Gills dijadwalkan menjamu Wolverhampton Wanderers pada ajang Piala Liga, 21 Desember. Lalu Melawan Leicester City pada 7 Januari 2023.

Sebelumnya Elkan Baggott juga sudah berkesempatan menghadapi klub Liga Primer Brentford pada ajang Piala Liga, 9 November. Dalam laga itu, Elkan Baggott bermain cukup baik menjaga pergerakan striker Brentford Ivan Toney dan mengantarkan Gillingham menang lewat adu penalti.