info main bola Menang 2-0 Melawan Maroko, Didier Deschamps: Itu Bukan Laga yang Mudah!

info main bola – Timnas Prancis berhasil melaju ke partai puncak setelah kalahkan Maroko di semifinal Piala Dunia 2022 pada Kamis (15/12/2022). Tim asuhan Didier Deschamps berhasil menang 2-0 berkat gol Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani.

Meskipun unggul dua gol, Prancis harus bertahan selama 90 menit dari tekanan luar biasa para pemain Maroko. Pasalnya Maroko tampil lebih menguasai jalannya laga setelah harus mengejar ketertinggalan akibat gol cepat Theo Hernandez.

Pelatih Prancis menyatakan bahwa laga tersebut tidaklah mudah dimenangkan oleh Prancis. Deschamps harus bertahan dari Maroko yang mencatatkan 61 persen penguasaan bola dengan total 13 percobaan tembakan.

“Itu bukan kemenangan yang mudah, kami menunjukkan kualitas, pengalaman, dan semangat tim kami. Kami harus bekerja keras bahkan di saat-saat yang menantang dalam pertandingan. Sebagai pelatih, saya sangat bangga dan senang dengan para pemain saya,” ujar Deschamps dikutip dari Fotmob.

Di tengah kebahagiaan timnas Prancis yang kembali lolos ke final, terselip satu fakta bahwa Didier Deschamps akan kehabisan kontrak di akhir Piala Dunia 2022. Tampil gemilang bersama Prancis membuat banyak pihak ingin Deschamps memperpanjang kontrak.

Sebelumnya Zinedine Zidane merupakan calon pengganti Deschamps andai Prancis gagal di Piala Dunia 2022. Menanggapi nasibnya, Deschamps tidak terlalu peduli dan lebih ingin fokus ke partai puncak melawan Argentina.

“Saya tidak terlalu memikirkan diri saya sendiri, tetapi saya dapat menghargai fakta bahwa kami telah meraih kesuksesan ini. Untuk pencapaian saya, saya bukanlah hal terpenting di sini,” ujar Deschamps.

“Tim ini lebih penting daripada saya. Kami memiliki peluang untuk mempertahankan gelar kami di final, jadi itu sudah merupakan pencapaian yang luar biasa.Tapi kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan kami, sebagai tim dan untuk negara kami, lebih bahagia pada hari Minggu,” tambah Deschamps.

Meskipun menang melawan Maroko, Deschamps merasa permainan Prancis bukan yang terbaik di Piala Dunia 2022. Wajar saja mengingat Prancis harus digempur habis-habisan oleh Maroko yang punya materi pemain di bawah Les Bleus.

“Kami tidak sempurna melawan Inggris atau melawan Maroko. Kami bisa bermain lebih baik. Di final melawan Argentina, kedua tim memainkan tim yang lebih baik daripada yang mereka mainkan di turnamen sejauh ini,” terang Deschamps.

Deschamps ingin timnya tampil lebih baik di partai puncak menghadapi Lionel Messi dkk. Deschamps menyadari bahwa timnya harus mengurangi kesalahan-kesalahan kecil demi mempertahankan gelar juara dunia.

“Selalu ada pertempuran di luar sana, kami melihat Argentina yang sangat kuat melawan Kroasia, tetapi mereka tidak selalu sekuat itu.”

“Kami memiliki dua tim (di final) dengan kualitas yang luar biasa. Tim yang membuat lebih sedikit kesalahan kemungkinan besar akan memenangkan pertandingan, siapa pun yang berhasil melakukannya akan mengangkat trofi,” tambah Deschamps.