Begini Penilaian Guardiola Soal Awal Karir Arteta di Arsenal

infomainbola – Per bulan Desember 2019 lalu, Mikel Arteta merintis karir sebagai pelatih kepala Arsenal. Tepat tiga tahun setelah dirinya menimba ilmu dari Josep Guardiola sewaktu menjadi asisten pelatih Manchester City.

Arteta diangkat sebagai pelatih untuk menggantikan Unai Emery yang dianggap gagal membawa Arsenal menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sebelum Arteta datang, klub berjuluk the Gunners itu sempat terdampar cukup jauh dari 10 besar.

Ada suatu waktu di mana Arsenal tidak pernah merasakan kemenangan sama sekali. Torehan itulah yang meyakinkan manajemen klub untuk mendepak Emery keluar dari Emirates Stadium pada bulan November lalu.

Sebenarnya, kehadiran Arteta pun tidak memberikan dampak yang signifikan dari segi hasil. Namun dari permainan secara keseluruhan, the Gunners mulai menunjukkan perkembangan yang positif.

Penilaian Guardiola
Saat berbicara soal Arteta, tentu sosok Guardiola tidak bisa dilupakan. Bagaimanapun juga, ia menimba ilmu banyak dari sosok berpengalaman yang pernah melatih Barcelona serta Bayern Munchen tersebut.

Dan sebagai mantan mentor, Guardiola pun mendapatkan pertanyaan seputar kiprah Arteta sebagai pelatih kepala sejauh ini. Pria asal Spanyol itu kemudian berkata bahwa Arteta telah melakukan tugasnya dengan baik.

“Saya tahu dia sangat senang berada di sana. Dia melakukan tugasnya dengan baik,” ujar Guardiola seperti yang dikutip dari Metro News.

“Timnya, saat saya lihat pada beberapa pertandingan, telah bermain dengan sangat baik dan saya merasa senang untuk dirinya,” lanjutnya

Arsenal Butuh Perubahan
Beberapa orang merasa bahwa Arsenal di era Arteta ini belum mencapai level 100 persen. Eks Liverpool, Jamie Carragher, yakin kalau the Gunners baru akan menunjukkan perubahan yang signifikan saat Arteta bisa mendapatkan pemain anyar.

“Dia menaruh apa yang ia inginkan di sana, mereka jadi lebih agresif, mereka lebih mendorong, empat bek lebih mendorong, masalah terbesar mereka adalah betapa dalamnya mereka di beberapa laga,” tutur Carragher kepada Sky Sports.