Barcelona Kalah, Quique Setien Beri ‘Hadiah’ Libur Latihan ke Pemain

infomainbola.com – Pelatih Barcelona, Quique Setien, memberikan ‘hadiah’ pada pasukannya pasca kekalahan atas Valencia. Hadiah tersebut bukan berupa uang atau benda mewah, tetapi satu hari libur latihan.

Barcelona kalah dari Valencia pada laga pekan ke-21 La Liga, Sabtu (25/1/2020) dini hari WIB. Pada laga di Mestalla tersebut, Barcelona kalah dengan skor 2-0.

Ini merupakan kekalahan pertama yang dialami Barcelona pada era Quique Setien. Padahal, seperti pada dua laga sebelumnya, Barcelona tampil lebih dominan dalam penguasaan bola.

Dua gol yang bersarang di gawang Marc-Andre ter Stegen dicetak Maxi Gomez pada menit 48 dan 77. Kiper asal Jerman membuat Barcelona selamat dari kebobolan lebih banyak dengan menggagalkan eksekusi penalti Maxi Gomes pada menit 12.

Hadiah Libur Latihan
Libur latihan merupakan momen yang langka bagi Barcelona sejak Quique Setien ditunjuk sebagai pelatih baru. Sebab, pelatih berusia 61 tahun tersebut memberikan porsi latihan yang sangat tinggi kepada pemainnya.

Dikutip dari Marca, pada era Ernesto Valverde, dia memberikan banyak libur latihan. Bukan hanya ketika hari pertandingan, para pemain Barcelona juga libur satu hari setelah bertanding.

Petinggi Barcelona kabarnya mengeluh akan kebijakan Valverde tersebut. Terlalu banyak libur. Mereka tidak terima karena Barcelona lebih sering libur latihan dibanding Real Madrid dan pesan ini disampaikan ke Quique Setien.

Sejak Quique Setien melatih, belum ada libur latihan. Pemain harus berlatih pada pagi hari jelang bertanding. Quique Setien baru memberi libur pasca kalah dari Valencia. Lionel Messi dan kolega libur latihan pada Senin (27/1/2020) waktu setempat.

Kehilangan Puncak Klasemen
Kekalahan atas Valencia berdampak penting bagi Barcelona. Sebab, kini mereka kehilangan posisi puncak klasemen. Barcelona berada di posisi kedua pada pekan ke-21 La Liga dengan 43 poin.

Klub asal Catalan tertinggal tiga poin dari Real Madrid yang berada di posisi pertama. Quique Setien pun mengakui Barcelona pantas kalah dari Valencia.

“Ada beberapa elemen permainan kami yang tidak bekerja dengan baik,” ujar sang pelatih kepada Mundo Deportivo.

“Tidak ada satupun baik saya maupun pemain saya yang menyukai permainan kami di babak pertama. Valencia berhasil mendominasi kami pada saat itu. Mereka berhasil mencegah kami untuk mengembangkan permainan kami. Kami juga banyak melepaskan umpan-umpan yang buruk hari ini,” tambahnya.

Quique Setien telah memainkan tiga laga bersama Barcelona. Pada dua laga sebelumnya, kendati menang atas Granada dan Ibiza, Barcelona tetap dianggap tidak tampil bagus dan meraih kemenangan dengan susah payah.