Kompany Akui Van Dijk Bek Terbaik dalam Sejarah Liga Inggris

Infomainbola – Mantan kapten Manchester City, Vincent Kompany, merupakan salah satu bek terbaik yang pernah merumput di Liga Inggris. Kompany bisa dibilang adalah pemain yang merasakan masa peralihan Man City dari klub yang biasa-biasa saja hingga menjadi raksasa yang disegani di Eropa seperti sekarang.

Meski banyak pihak yang mengakui kemampuan Kompany dalam menggalang pertahanan, namun nyatanya ia enggan menyebut dirinya sebagai bek tengah terbaik yang pernah bermain di Liga Inggris. Menurutnya, titel tersebut lebih layak disematkan kepada bek Liverpool, Virgil van Dijk.

Pilihan Kompany tersebut sebetulnya cukup menarik. Pasalnya, Van Dijk dinilai memiliki performa yang hebat, melebihi legenda Chelsea, John Terry, dan Rio Ferdinand dari Manchester United. Meski Van Dijk belum bermain dalam waktu yang lama seperti Terry dan Ferdinand, namun Kompany percaya bek asal Belanda itu bakal mencapai hal besar.

“Saya tidak pernah mencoba membandingkan (diri sendiri dengan pemain lain). Perjalanan saya berbeda, saya harus berurusan dengan hal yang berbeda. Jadi saya mencoba menampilkan yang terbaik untuk tim saya. Saya akan memilih Virgil van Dijk (sebagai bek tengah terbaik di Liga Inggris),” tutur Kompany, menukil dari Express, Rabu (22/1/2020).

“Dia tidak berada di layar selama Terry, Ferdinand yang telah ada untuk waktu yang lama. Tapi tanda-tanda yang dia tunjukkan dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan jika dia akan berada di puncak untuk waktu yang lama. Liverpool sebelum Van Dijk dan sesudahnya merupakan set yang sama sekali berbeda,” lanjutnya.

Di musim keduanya membela Liverpool, Van Dijk mengantarkan tim berjuluk The Reds itu menjuarai Liga Champions. Selain itu, Van Dijk juga didapuk sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris 2018-2019 dan Pemain Terbaik UEFA 2018-2019.