Gol Salah Pastikan Liverpool Menang 2-0 atas Man United

Infomainbola – Liverpool melawan Manchester United dalam laga lanjutan Liga Inggris 2019-2020 di Anfield Stadium, Minggu 19 Januari 2020, malam WIB. Liverpool yang tampil perkasa pada musim ini menjadi unggulan dalam pertandingan tersebut.

Liverpool mendominasi jalannya permainan sedangkan Man United mengandalkan serangan balik untuk menebar ancaman. Permainan Liverpool terbukti lebih efektif karena mereka mampu membuat dua gol untuk menyegel kemenangan 2-0 atas Man United.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Liverpool kesulitan meladeni tekanan yang dilancarkan Man United pada menit-menit awal babak pertama. Aliran bola dari Liverpool kerap terhenti sebelum memasuki sepertiga akhir daerah Man United. Hingga memasuki menit ke-10 permainan Liverpool dapat diredam oleh tim tamu.

Namun, perlahan-lahan Liverpool mampu mengatasi tekanan Man United. Umpan lambung diagonal dan horizontal Liverpool membuka celah di pertahanan Man United. Liverpool akhirnya membuka skor pada menit 14 saat sepak pojok Trent Alexander-Arnold disambut sundulan Virgil van Dijk.

Fans Liverpool kembali bersorak pada menit 25 saat Roberto Firmino membobol gawang Man United. Akan tetapi, wasit menganulir gol tersebut karena terjadi pelanggaran lebih dulu kepada David De Gea yang dilakukan Van Dijk.

Liverpool kembali mengoyak jala gawang Man United selang 10 menit kemudian tetapi wasit tidak mengesahkannya. Georginino Wijnaldum berada di posisi offside sebelum memasukkan bola hasil umpan terobosan Alex Oxlade-Chamberlain.

Sadio Mane mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan pada masa tambahan waktu babak pertama tetapi De Gea mampu memblok bola tendangannya. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool atas tim tamu.

Babak Kedua:

Liverpool langsung tancap gas melancarkan serangan ke pertahanan Man United. Kubu tuan rumah ingin segera mendapatkan gol kedua agar bisa bermain lebih nyaman. Beberapa peluang emas didapatkan Mohamed Salah, Jordan Henderson, Wijnaldum serta Mane tetapi belum ada yang berbuah hasil.

Sementara itu, seiring berjalannya waktu permainan jadi lebih berimbang. Man United bangkit untuk memberikan tekanan kepada Liverpool. Tim tamu kembali ke permainan mereka di menit-menit awal babak pertama. Anthony Martial mendapatkan peluang emas pada menit 59 tetapi bola tembakannya melambung di atas gawang Liverpool.

Pertandingan jadi lebih seimbang dengan Man United berani meladeni permainan Liverpool. Silih berganti kedua tim melancarkan serangan ke pertahanan lawan tetapi hingga memasuki menit ke-80 belum ada perubahan di papan skor.

Man United mendominasi permainan dalam lima menit terakhir babak kedua. Man United mendapatkan sepak pojok pada masa tambahan waktu babak kedua yang mungkin jadi kesempatan terakhir mereka untuk menyamakan kedudukan.

Namun, sepak pojok itu mampu diamankan Alisson Becker yang kemudian melambungkan bola ke Salah. Pemain berpaspor Mesir itu berlari menggiring bola hingga sampai ke kotak penalti Man United.

Ada gangguan dari Daniel James tetapi Salah tetap mampu membobol gawang De Gea. Gol Salah membawa Liverpool menang 2-0 atas Man United di Anfield. Tambahan tiga poin memperkukuh posisi Liverpool di puncak klasemen sementara.

Berikut susunan pemain Liverpool vs Man United:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain, Jordan Henderson, Georginino Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Cadangan: Takumi Minamino, Curtis Jones, Adam Lallana, Divock Origi, Adrian, Fabinho, Joel Matip.

Pelatih: Jurgen Klopp

Man United (3-4-1-2): David de Gea; Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Aaron Wan-Bissaka, Fred, Nemanja Matic, Andreas Pereira, Brandon Williams; Daniel James, Anthony Martial.

Cadangan: Diogo Dalot, Eric Bailly, Mason Greenwood, Jesse Lingard, Sergio Romero, Juan Mata, Phil Jones.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer