Info main bola RB Leipzig vs Liverpool, Roberto Firmino Akrab dengan Gawang Klub asal Jerman

Infomainbola – Liverpool diuntungkan akan dua hal saat menghadapi RB Leipzig di leg I babak 16 besar Liga Champions 2020-2021, Rabu 17 Februari 2021 dini hari WIB. Karena Jerman melarang penerbangan dari Inggris masuk ke wilayah mereka, laga RB Leipzig vs Liverpool digelar di tempat netral.

Pertandingan ini digelar di Kota Budapest, Hungaria. Praktis laga yang digelar di tempat netral menguntungkan Liverpool. Ini merupakan keuntungan pertama yang didapatkan Liverpool.

Keuntungan kedua adalah, sejumlah pemain Liverpool pernah berkiprah di Liga Jerman. Alhasil, secara pengalaman mereka paham betul karakter permainan tim-tim asal Jerman seperti RB Leipzig.

Setidaknya ada tujuh pemain Liverpool yang pernah merumput di Liga Jerman. Mereka ialah Ozan Kabak yang pernah dan masih tercatat sebagai personel Schalke 04, Joel Matip (Schalke 04), Naby Keita (RB Leipzig), Thiago Alcantara (Bayern Munich), Xherdan Shaqiri (Bayern Munich), Divock Origi (VfL Wolfsburg) dan Roberto Firmino (Hoffenheim).

Hanya saja, tidak semua dari nama-nama di atas tersedia di laga RB Leipzig vs Liverpool. Sebab, Matip dan Keita sedang berada di ruang perawatan imbas mengalami cedera. Hal itu berarti, ada lima nama lain yang dapat diandalkan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Bicara pengalaman membobol gawang klub asal Jerman, Roberto Firmino terdepan ketimbang nama-nama lainnya. Selama membela Hoffenheim 3,5 tahun (2011-2015), Firmino turun dalam 153 pertandingan dengan koleksi 49 gol.

Khusus di Liga Jerman, Firmino mengemas 38 gol dari 140 pertandingan. Bicara klub yang paling sering dibobol Firmino jawabannya adalah Wolfsburg.

Dari sembilan pertandingan, penyerang berpaspor Brasil itu lima kali mengoyak jala gawang Die Wolfe –julukan Wolfsburg. Bagaimana dengan catatan Firmino kontra RB Leipzig?

Ketika Firmino aktif di Liga Jerman, RB Leipzig masih mentas di Bundesliga 3 dan Bundesliga 2. RB Leipzig sendiri baru promosi ke kasta teratas sepakbola Jerman pada 2016-2017, atau satu musim setelah Firmino membela Liverpool.

Karena itu, selain Mohamed Salah dan Sadio Mane, Roberto Firmino merupakan andalan Liverpool untuk mengobrak-abrik pertahanan RB Leipzig. Menarik menanti kiprah Firmino di laga RB Leipzig vs Liverpool.