info main bola Dituding Marcus Rashford Punya Andil pada Rekor Penalti MU, Jose Mourinho: Lihat Statistik Saja!

info main bola Dituding Marcus Rashford Punya Andil pada Rekor Penalti MU, Jose Mourinho: Lihat Statistik Saja!
info main bola Dituding Marcus Rashford Punya Andil pada Rekor Penalti MU, Jose Mourinho: Lihat Statistik Saja!

info main bola – Manajer Tottenham, Jose Mourinho mengindikasikan bahwa ia tak bertanggung jawab terhadap banyaknya penalti yang didapat eks tim asuhannya, Manchester United.

Persoalan jumlah penalti Manchester United ini beberapa waktu lalu sempat mendapat sindiran dari manajer Liverpool, Jurgen Klopp yang merasa timnya kerap dirugikan keputusan wasit.

Striker Manchester United, Marcus Rashford pun baru-baru ini menyebut bahwa timnya diminta untuk cerdik dalam mendapatkan penalti ketika masih ditangani oleh Mourinho.

“Saya ingat saat Jose menjadi pelatih, ada lima atau enam kali saya seharusnya bisa mendapatkan penalti dan pada akhirnya Jose berkata: ‘jika anda tidak cerdas dalam melakukannya, maka anda takkan mendapatkannya’,” ujar Rashford.

“Setelah itu, kami mulai mendapatkan beberapa penalti. Itu adalah bagian dari perkembangan, anda harus mempelajari serta memahaminya,” lanjutnya.

Respons Mourinho
Mendengar tudingan Rashford, Mourinho pun tak mau berkomentar banyak, berkilah bahwa ia tak mau mengganggu United yang akan menjalani laga akbar kontra Liverpool pada akhir pekan ini.

“Lihat, pertama-tama, Liverpool versus Manchester United adalah pertandingan besar yang tidak membutuhkan saya untuk menjadi lebih besar,” ujar Mourinho seperti dikutip Goal International.

“Atau saya tidak perlu menjadi berita utama sebelum pertandingan besar yang saya tahu sangat berarti bagi klub dan populasi suporter, jadi saya akan meninggalkan komentar untuk nanti, bukan untuk saat ini,” imbuhnya.

Saran Mourinho
Lebih lanjut, Mourinho pun memberikan sebuah saran kepada para jurnalis untuk mengecek lewat penyedia statistik Opta yang ia pastikan bakal menepis tudingan Rashford.

“Jika Anda merasa perlu menulis sesuatu tentang itu, lakukan dengan cara yang sangat sederhana,” tutur Mourinho.

“Statistik, buka Opta, statistik, lihat sejarah saya sebagai manajer dalam kurang lebih 10 musim saya di Premier League. Bandingkan angkanya dan ambil kesimpulan.” sarannya.

Bagaimana Versi Opta?
Lantas, bagaimana angka statistik jumlah penalti yang didapat Manchester United selama diasuh Mourinho?

Ditinjau dari Opta, Manchester United mendapat tujuh penalti di semua kompetisi musim 2016-17, dan enam penalti di musim berikutnya.

Lalu pada musim 2018-19, Manchester United mendapat enam penalti dalam 24 laga sebelum kemudian Mourinho dipecat.

Di sisa musim tersebut di mana Ole Gunnar Solskjaer menjadi manajer interim, United tercatat mendapat sembilan penalti dalam 29 laga.

Sementara itu, pada musim lalu Manchester United mendapatkan 22 penalti, 14 di antaranya didapat di pentas Premier League.

Pada musim ini sendiri, Manchester United sudah mendapat enam penalti dalam 17 laga Premier League, dan 11 penalti di seluruh kompetisi.