info main bola Analisis Bentuk Lini Tengah Arsenal Usai Kedatangan Partey: Siapa yang Dikorbankan?

info main bola Analisis Bentuk Lini Tengah Arsenal Usai Kedatangan Partey: Siapa yang Dikorbankan?
info main bola

info main bola   –  It is ‘Partey’ time. Arsenal patut mendapatkan apresiasi untuk kejutan mereka di deadline day. Tak ada yang menduga The Gunners mau membayar klausul Thomas Partey, bahkan pihak Atletico Madrid pun terkejut.

Partey adalah pembelian terbaik Arsenal musim panas ini. Dia datang tepat untuk menyelesaikan masalah Arsenal, pemain yang pas dibutuhkan Mikel Arteta untuk taktiknya.

Ya, Arsenal mulai berkembang di bawah bimbingan Arteta, tapi mereka masih butuh pemain-pemain tertentu untuk naik level. Partey adalah pemain itu, dia bisa mengisi ruang di depan para bek, yang sudah lama dibutuhkan Arsenal.

Kedatangan Partey diyakini akan mengubah beberapa hal. Mulai dari formasi tim sampai peran Dani Ceballos dan Granit Xhaka.

Formasi dan personil terbaik
Arsenal memainkan formasi 4-3-3 saat mengalahkan Sheffield United akhir pekan lalu. Inilah gaya bermain yang diinginkan Arteta, yang selama ini belum bisa dia maksimalkan karena keterbatasan pemain.

Berkat kedatangan Partey, Arsenal bisa menurunkan formasi empat bek dengan tiga gelandang. Partey ini akan mengisi pos gelandang bertahan, pemain yang sempurna di posisi itu.

Selama ini Arsenal mencoba mengatasinya dengan Granit Xhaka, tapi bukan di sana posisi terbaiknya. Juga pernah ada Mateo Guendouzi dan Lucas Torreira, kurang memuaskan.

Partey adalah kepingan yang tepat unuk masalah tersebut. Dia dikenal tangguh menghentikan serangan lawan, plus punya kemampuan dribel dan akurasi operan yang baik.

Dani Ceballos naik menyerang?
Partey mengisi pos sentral, artinya ada dua tempat sisa di lini tengah. Salah satunya mungkin akan diisi Dani Ceballos dalam peran yang lebih ofensif.

Ceballos pun terpaksa mengubah gaya bermainnya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Arsenal setahun terakhir. Dia sebenarnya punya kemampuan ofensif yang sangat baik.

Beberapa pertandingan terakhir, Ceballos mulai membuktikan kualitasnya dalam kreasi peluang. Dia menciptakan peluang untuk gol Eddie Nketiah, dan membuat kombinasi apik dengan Bukayo Saka.

Siapa yang ketiga?
Satu posisi diisi Partey, satu lagi diisi Ceballos, lalu siapa yang ketiga?

Paling tidak ada tiga kandidat: Xhaka, Saka, dan Mohamed Elneny. Ketiganya punya karakter yang berbeda, punya gaya bermain yang berbeda. Ini bisa jadi variasi taktik untuk dicoba-coba Arteta.

Xhaka bermain mirip Partey, meski tidak terlalu doyan bertarung. Elneny termasuk nama yang mengejutkan, tiba-tiba dia dipercaya Arteta, padahal sebelumnya hanya di bangku cadangan.

Lalu ada Saka yang serbabisa. Dia tangguh bertahan, tapi juga baik saat menyerang. Jika melihat karakter Partey dan Ceballos, sepertinya Saka yang paling cocok jadi gelandang ketiga.

Tentu segalanya bergantung pada lawan yang dihadapi Arsenal. Kombinasi gelandang bisa diubah-ubah, dan itulah salah satu kekuatan The Gunners musim ini.

info main bola