Zidane: Melatih Tim seperti Madrid Tak Butuh Mengerti Banyak soal Taktik

INFOMAINBOLA – Zinedine Zidane mengakui bahwa pemahaman taktik tidak menjadi hal yang sangat dibutuhkan sebagai pelatih klub seperti Real Madrid. Sebab, Zidane meyakini para pemain Madrid sudah sadar apa yang harus mereka lakukan di setiap pertandingan yang mereka mainkan.

Sebagaimana diketahui, Madrid memang salah satu klub terbaik di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Banyaknya pemain bintang yang menghuni skuad Los Blancos –julukan Madrid– jadi jaminan mereka bisa merengkuh gelar juara di setiap musimnya.

Situasi tersebut sebenarnya bakal sangat mempermudah tugas setiap pelatih yang membesut Madrid. Akan tetapi kenyataannya, Madrid justru seakan-akan menjadi mimpi buruk untuk sebagian besar pelatih.

Sudah banyak sekali pelatih yang harus terdepak dari kursi kepelatihan Madrid. Pada musim 2018-2019 saja, Madrid sampai harus mengganti tiga pelatihnya, yang mana dari Julen Lopetegui lalu ke Santiago Solari sebelum kembali dibesut Zidane.

Zidane yang sempat membawa Madrid menjuarai Liga Champions tiga kali beruntun lantas membeberkan kiat-kiat suksesnya di klub asal ibukota Spanyol tersebut. Zidane tak menampik bahwa pemahaman taktik sejatinya tak terlalu dibutuhkan untuk melatih tim seperti Madrid.

“Taktik bukanlah yang paling penting, yang lebih penting adalah motivasi yang harus kami miliki di setiap pertandingan. Pada pertandingan berbeda, taktik bisa berubah,” ungkap Zidane, seperti disadur dari Goal, Sabtu (7/12/2019).

“Saya tidak senang selalu mengulang hal yang sama dan membiarkan lawan mempelajari Anda. Mereka selalu melihat apa yang Anda lakukan di setiap pertandingan, tidak hanya pada laga sebelumnya,” lanjut pelatih berusia 47 tahun tersebut.

“Besok kami melawan Espanyol dan kami harus bermain dengan cara berbeda dari pertandingan sebelumnya. Karena saya punya pemain-pemain terbaik dan mereka siap, Anda bisa mengubah banyak hal. Satu-satunya hal yang bisa saya katakan pada Anda adalah bahwa saya bahagia bisa berada di klub terbaik di dunia, dengan pemain-pemain yang sangat saya cintai,” tutupnya.