Info Main Bola Mulai Juli Sampai Oktober, Bursa Transfer Premier League Berlangsung 10 Pekan

Info Main Bola Mulai Juli Sampai Oktober, Bursa Transfer Premier League Berlangsung 10 Pekan
Info Main Bola Mulai Juli Sampai Oktober, Bursa Transfer Premier League Berlangsung 10 Pekan

info main bola – Dampak pandemi virus corona terhadap sepak bola tidak bisa dipandang remeh. Selain menyerang finansial klub, serangan virus ini juga memaksa FIFA mengubah jadwal bursa transfer.

Wajarnya, meski jadwal setiap liga berbeda, bursa transfer musim panas paling lama hanya berjalan satu bulan setengah. Di antara lima liga top Eropa, biasanya Premier League yang paling cepat menutup bursa transfer sebelum kompetisi bergulir.

Kendati demikian, sekarang Premier League pun harus berani mengambil keputusan yang tak biasa. Rabu (15/7/2020) malam WIB, Premier League dan EFL mengonfirmasi bahwa bursa transfer musim panas bakal dilangsungkan mulai 27 Juli sampai 5 Oktober 2020, alias 10 pekan.

10 pekan

Sesuai instruksi FIFA, bursa transfer Premier League bakal dibuka sehari setelah musim 2019/20 selesai, dan ditutup 10 pekan kemudian, yakni 5 Oktober 2020 pukul 11 malam waktu setempat.

Kemudian, setelah berkonsultasi dengan EFL, Premier League bakal menambah sekitar satu pekan bursa transfer domestik, yakni mulai 5 Oktober sampai 16 Oktober.

Pada periode ini, 20 klub peserta Premier League tidak bisa saling membeli atau menjual pemain, tapi mereka masih bisa berbisnis dengan klub-klub lain yang berbeda kasta.

Tentu ini sangat menguntugkan bagi klub-klub kecil yang ingin menjual, membeli, dan khususnya meminjam pemain dari klub-klub Premier League

Sama seperti liga lain

Juga, tenggat 5 Oktober bakal membantu klub-klub Premier League untuk membereskan semua berkas pemain sebelum tenggat pendaftaran pemain untuk Liga Champions dan Liga Europa pada 6 Oktober, alias sehari setelahnya.

Masih menurut Sky Sports, beberapa liga Eropa sudah mengonfirmasi bahwa bursa transfer mereka pun bakal ditutup pada 5 Oktober.

Sebenarnya FIFA mengizinkan bursa transfer berlangsung sampai 12 pekan alias 3 bulan penuh, tapi Premier League memutuskan hanya akan menggunakan 10 pekan.

Waktu itu jelas lebih dari cukup untuk jual-beli pemain. Masalahnya, bursa transfer diprediksi bakal sepi karena banyak klub yang mengalami masalah finansial.