De Boer Minta Barcelona Kembalikan De Jong ke Posisinya yang Sebenarnya

INFOMAINBOLA – Sejak bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2019, Frenkie de Jong sejatinya cukup sering mendapat kepercayaan untuk bertanding. Itu tentunya menjadi hal positif. Akan tetapi, sedikit disayangkan karena De Jong bermain bukan di posisi aslinya.

Saat masih membela Ajax Amsterdam, De Jong sejatinya berposisi sebagai gelandang bertahan. Sedangkan sejak bergabung dengan Barca, gelandang berpaspor Belanda tersebut bermain sedikit lebih ke depan dan melebar. Sebab, Barca sudah memiliki Sergio Busquets di posisi gelandang bertahan.

Menurut legenda sepakbola Belanda, Ronald de Boer, kondisi itu membuat De Jong tak bisa tampil maksimal. Sebab, De Jong merupakan tipikal gelandang yang menjadi penjaga irama permainan (metronom). Maka dari itu, jika fans berharap De Jong bisa mencetak banyak gol, hal itu dinilai De Boer sebagai sesuatu yang tidak tepat.

“Orang mengatakan bahwa dia (De Jong) belum mencapai level yang dia capai di Ajax dan Timnas Belanda. Akan tetapi, tidak banyak yang bisa bermain di tim sekuat Barcelona dan saya pikir dia telah bekerja dengan baik,” ujar De Boer, mengutip dari Goal, Rabu (13/5/2020).

“Saya harap dia kembali ke posisinya yang biasanya karena ia adalah distributor permainan. Ia bertugas mengoper bola, Anda tidak bisa memintanya untuk mencetak 20 gol. Dia adalah pemain seperti Sergio Busquets dan ketika saatnya tiba dia akan menjadi pengganti yang hebat baginya,” sambung De Boer.

Sepanjang musim kompetisi 2019-2020 berlangsung, De Jong tercatat telah tampil sebanyak 37 kali untuk Blaugrana. Jumlah tersebut tentunya terbilang fantastis untuk seorang pemain yang baru bergabung dan masih berusia muda.