Presiden UEFA: Liverpool Layak Dapat Gelar Juara meski Kompetisi Dibatalkan

Infomainbola – Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menilai Liverpool layak meraih gelar juara Liga Inggris musim 2019-2020 sekalipun kompetisi terancam dibatalkan. Sebagaimana diketahui, pandemi virus corona yang saat ini tengah terjadi membuat semua aktivitas terganggu termasuk kompetisi sepakbola Eropa.

Liga Inggris menjadi salah satu kompetisi yang ditangguhkan akibat wabah virus yang juga dikenal dengan nama lain Covid-19 tersebut. Terbaru, Federasi Sepakbola Inggris (FA) menyatakan kalau kompetisi kemungkinan baru akan berguir pada akhir April mendatang.

Namun, tak menutup kemungkinan juga gelaran Liga Inggris musim ini dibatalkan jika wabah virus corona semakin parah. Jika hal itu benar-benar terjadi, artinya Liverpool sebagai kandidat kuat juara harus rela kehilangan gelar yang mereka nantikan selama 30 tahun terakhir.

Padahal, skuad besutan Jurgen Klopp itu saat ini memiliki selisih hingga 25 poin di puncak klasemen dari pesaing terdekat merekam yakni Manchester City. Mereka bahkan hanya membutuhkan dua kemenangan untuk memastikan gelar juara Liga Inggris 2019-2020.

“Bagaimanapun Anda tidak bisa membiarkan mereka (Liverpool) tanpa gelar (Liga Inggris) musim ini. Jika kompetisi tetap dilanjutkan, mereka sudah hampir dipastikan untuk mendapatkannya. Secara teoritis ini memang belum dibatalkan, tapi melihat kondisi seperti ini saya rasa semua kemungkinan bisa terjadi,” ujar Ceferin, melansir dari laman Liverpool Echo, Selasa (7/4/2020).

“Tapi jika kompetisi tidak akan dilanjutkan, saya rasa kita semua masih harus menemukan cara untuk mendeklarasikan hasil akhir dan untuk menentukan siapa juaranya. Sejurjurnya saya tidak bisa membayangkan skenario apa yang membuat Liverpool kehilangan juara mereka,” tandasnya.