Keisuke Honda ‘Taklukkan’ Amerika Latin dalam Debutnya

RIO DE JANEIRO, BRAZIL - FEBRUARY 08: Japanese player Keisuke Honda gives a thumb up during a press conference as part of the new player of the Brazilian team Botafogo at Engenhao Stadium on February 8, 2020 in Rio de Janeiro, Brazil. (Photo by Wagner Meier/Getty Images)

INFOMAINBOLA – Masih ingat dengan Keisuke Honda? Mantan pemain timnas Jepang itu baru saja menorehkan sebuah pencapaian setelah mencetak gol dalam laga debutnya di Brasil.

Honda tiba di Brasil pada 7 Februari lalu untuk bergabung dengan klub Botafogo. Pemain tengah berusia 33 tahun itu kemudian memainkan debutnya pada akhir pekan.

Dilansir japantimes.co.jp, AS.com, dan transfermarkt.com, debut Honda terjadi ketika Botafogo menghadapi Bangu di partai Campeonato Carioca yang dimainkan tanpa penonton terkait dengan pandemi virus Corona.

Tampil dengan jersey nomor 4, Honda menjebol gawang lawan lewat sepakan dari titik putih di menit ke-28. Tim lawan menyamakan kedudukan di menit ke-58, dengan Honda ditarik keluar beberapa menit kemudian.

Lewat gol itu, Honda disebut menjadi pemain pertama dalam sepakbola profesional yang mampu mencetak gol di lima benua berbeda. Benua Amerika Latin menjadi yang teranyar setelah sebelum ini ia melakukannya di Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Oseania (red– ada sejumlah negara yang mengklasifikasikan Amerika Utara dan Selatan sebagai benua berbeda, terkait dengan definisi dan perbedaan jumlah benua di dunia yang beragam mulai dari model lima hingga tujuh benua).

“Cuma klub Afrika yang belum ada di CV pemilik 98 caps internasional itu. Tapi ia sudah dua kali bikin gol di Afrika. Di Piala Dunia 2010, Honda mencetak gol di laga fase grup lawan Kamerun (1-0) dan Denmark (3-1),” sebut transfermarkt.com.

Secara rinci, gol-gol Honda dimulai dari Nagoya Grampus Eight (Jepang/Asia), VVV-Venlo (Belanda/Eropa), CSKA Moskow (Rusia/Eropa), dan AC Milan (Italia/Eropa). Lalu CF Pachuca (Meksiko/Amerika Utara), Melbourne Victory (Oseania), dan Botafogo.