Liverpool vs Atletico Madrid, Los Rojiblancos Singkirkan Juara Bertahan

Infomainbola – Langkah juara bertahan Liverpool harus rela terhenti di Liga Champions 2019-2020. Pasukan Jurgen Klopp gagal melewati hadangan Atletico Madrid di babak 16 besar. Setelah kalah 0-1 pada leg pertama di Wanda Metropolitano, Liverpool kembali takluk 2-3 saat menjamu Atletico pada leg kedua di Anfield, Kamis (12/3/2020) dini hari WIB.

Jalannya pertandingan

Babak Pertama

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Liverpool langsung tancap gas sejak awal pertandingan. Para penggawa The Reds –julukan Liverpool– silih berganti untuk memberikan tekanan ke lini pertahanan Atletico.

Namun, Stevan Savic dan kolega masih cukup solid untuk membuat gawang Atletico aman. Sementara mereka sesekali mengincar peluang lewat serangan balik cepat yang dibangun Joao Felix.

Memasuki menit ke-24 Liverpool mendapat peluang emas lewat sepakan Mohamed Salah. Akan tetapi, Jan Oblak masih cukup tangguh di bawah mistar gawang Atletico Madrid di babak pertama.

Tekanan terus dilancarkan para pemain Liverpool sepanjang babak pertama. Gol yang ditunggu publik Anfield baru tercipta menjelang babak pertama usai. Georginio Wijnaldum berhasil memanfaatkan umpan matang dari Alex Oxlade-Chamberlain sekaligus menutup babak pertama dengan skor 1-0 untuk Liverpool.

Babak Kedua

Sementara di babak kedua, Liverpool kembali menguasai jalannya pertandingan. Sadio Mane dan Mohammed Salah kembali menjadi ancaman utama bagi para pemain belakang Atletico Madrid.

Namun, Diego Simeone sepertinya sudah mempersiapkan strategi untuk timnya agar mampu menerapkan pertahanan lebih baik di Anfield kali ini. Alhasil, gempuran serangan dari para pemain depan Liverpool pun kerap menemui jalan buntu.

Kedua tim sama-sama gagal menciptakan gol di babak kedua. Agregat sama kuat 1-1 membuat laga Liverpool dan Atletico berlanjut ke babak tambahan

Babak Tambahan

Roal Brasil itu mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Liverpool unggul 2-0 atas Atletico di laga kali ini.

Namun tak disangka, Los Rojiblancos segera merespons tiga menit berselang. Memanfaatkan kesalahan penjaga gawang Liverpool, Joao Felix mengirimkan umpan ke Marcos Llorente yang berdiri bebas. Tembakan keras ke pojok kanan pun gagal dihalau Adrian.

Situasi semakin memburuk setelah Llorente mencetak gol keduanya jelang babak pertama di waktu tambahan selesai. Atletico akhirnya benar-benar mengubur harapan Atletico untuk bisa lolos ke babak berikutnya setelah Alvaro Morata mencetak gol di menit-menit akhir. Skor 3-2 untuk kemenangan Atletico bertahan hingga laga usai.

Berikut susunan pemain Liverpool vs Atletico Madrid di leg kedua 16 besar Liga Champions 2019-2020, Kamis (12/3/2020).

Liverpool (4-3-3): Adrian; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Cadangan: Andy Lonergan, Fabinho, James Milner, Takumi Minamino, Adam Lallana, Divock Origi, Joel Matip.

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Kieran Trippier, Stefan Savic, Felipe, Renan Lodi; Angel Correa, Saul Niguez, Thomas Partey, Koke; Diego Costa, Joao Felix.

Cadangan: Antonio Adan, Jose Gimenez, Alvaro Morata, Thomas Lemar, Marcos Llorente, Yannick Carrasco, Sime Vrsaljko.