Selaku ‘Mentor’, Bagaimana Tanggapan Guardiola Soal Kiprah Arteta di Arsenal?

INFOMAINBOLA – Josep Guardiola pernah menjadi sosok ‘mentor’ bagi Mikel Arteta di Manchester City. Lalu bagaimana tanggapan pelatih berdarah Spanyol tersebut soal kiprah Arteta selama menukangi Arsenal dalam beberapa bulan terakhir?

Seperti yang diketahui, Arteta langsung menjabat sebagai asisten pelatih Guardiola begitu memutuskan pensiun di tahun 2016 lalu. Sejak itu, ia menimba ilmu dari pria yang juga pernah menukangi Barcelona serta Bayern MUnchen tersebut.

Tiga tahun berselang, tepatnya di akhir tahun 2019 kemarin, Arteta memutuskan untuk keluar dari ‘perguruan’. Ia memilih untuk membantu Arsenal yang sedang pesakitan dan baru saja memecat pelatihnya, Unai Emery.

Kehadiran Arteta ternyata memberikan dampak positif. Pelan tapi pasti, the Gunners meraih hasil yang diinginkan. Bahkan Pierre-Emerick Aubameyang berhasil menyapu bersih empat dari lima pertandingan terakhirnya dengan kemenangan.

Penilaian Guardiola
Guardiola jelas tidak luput memantau perkembangan Arteta selama menukangi Arsenal. Dan menurutnya, apa yang dilakukan Arteta selama bersama the Gunners sudah pantas mendapatkan pujian besar.

“Saya bisa bilang berjalan dengan sangat baik, bahwa faktanya gagasan yang sudah ia terapkan telah masuk ke dalam tim,” ujar Guardiola seperti yang dikutip dari Metro.

“Permainan posisinya semakin membaik hari demi hari. Melakukan hal semacam itu dalam waktu yang singkat tidak mudah. Dan saya yakin Arsenal akan meraih kesuksesan di masa depan bersama dirinya,” lanjut pria berumur 49 tahun tersebut.

Arteta Tidak Meminta Saran
Kendati sudah berpisah, namun bukan berarti tali silaturahmi antara Guardiola dan Arteta serta merta terputus. Rupanya keduanya masih menjalin kontak, namun tidak sekalipun Arteta meminta saran dari Guardiola.

“Sudah pasti tidak. Dia adalah orang dewasa, dia sudah lebih dari siap, dia tidak membutuhkan saran,” tambah Guardiola.

“Kami berbincang soal keluarga, soal hari-hari perdana, perihal bagaimana dia beradaptasi dengan tim, hal-hal normal. Kami juga berbicara soal teman, mantan rekan, soal kami bekerja bersama, hanya itu saja,” pungkasnya.

Keduanya akan saling bertatap muka dalam laga Premier League antara Arsenal melawan Manchester City pada Kamis (12/3/2020) dini hari nanti. Pertandingan tersebut akan digelar di markas the Citizens, Etihad Stadium.