Info Main Bola – Profil Giorgi Mamardashvili, Kiper Anyar Liverpool Penerus Alisson

Info Main Bola – Inilah profil pemain Giorgi Mamardashvili, kiper baru raksasa Premier League Liverpool yang didatangkan dari klub La Liga, Valencia.

Liverpool akhirnya mendatangkan amunisi baru pada musim panas 2024 ini. Mereka memboyong Mamardashvili dari Valencia, Rabu (28/08/2024) dini hari WIB.

Mamardashvili kabarnya ditebus dengan harga 30 juta euro. Ada tambahan sebesar lima juta euro dalam bentuk add-ons.

Ia diberi kontrak dengan durasi enam tahun dan diproyeksikan sebagai pengganti jangka panjang Alisson Becker. Tapi Liverpool akan meminjamkannya semusim dulu di Valencia.

Karier Klub Mamardashvili

Giorgi Mamardashvili dulu merupakan pemain didikan akademi klub Dinamo Tbilisi. Ia kemudian dipromosikan ke tim senior klub Georgia tersebut.

Pada tahun 2019, Mamardashvili dipinjamkan ke Rustavi setelah di Tbilisi tak pernah dimainkan. Klub tersebut merupakan tim divisi kedua di kasta sepak bola Georgia.

Pada tahun berikutnya, ia dipinjamkan lagi oleh Tbilisi. Kali ini ke klub Locomotive Tbilisi.

Setelah dipinjamkan ke klub tersebut, Tbilisi akhirnya melepasnya ke Valencia pada Juni 2021. Ia bermain di sana dengan status pinjaman dengan klausul pembelian permanen.

Awalnya Mamardashvili akan dimainkan di tim cadangan lebih dahulu tapi setelah melihat performanya yang impresif, ia pun dimasukkan ke skuad utama Valencia. Pada Desember 2021, Los Che akhirnya merekrutnya secara permanen dengan kontrak sampai 2024, dengan opsi perpanjangan setahun.

Sebelum merapat ke Liverpool, total ia mencatatkan 102 penampilan dengan Valencia. Mamardashvili kebobolan 117 kali dan mencatatkan 31 clean sheet.

Karier Mamardashvili di Timnas Georgia

Giorgi Mamardashvili pernah menjadi bagian dari Timnas Georgia di kelompok umur U-21. Ia menjalani debutnya pada 8 September 2020.

Ia sempat bermain sebanyak enam kali. Tepat setahun kemudian, Mamardashvili ‘naik pangkat’.

Mamardashvili dipromosikan ke timnas senior Georgia. Ia menjalani debutnya pada 8 September 2021.

Sejauh ini Mamardashvili sudah mencatatkan 21 caps di level internasional. Empat di antaranya ia hasilkan di pentas Euro 2024 kemarin di Jerman.