Info Main Bola – It’s Not Coming Home! Selamat, Spanyol Juara Euro 2024

Info Main Bola – It’s Not Coming Home! Selamat, Spanyol Juara Euro 2024

Timnas Spanyol berhasil menjadi juara Euro 2024 usai mengalahkan Timnas Inggris di partai final, Senin (15/07/2024) dini hari WIB.

Pertandingan final yang digelar di Olympiastadion ini berlangsung cukup intens dan alot di babak pertama. Inggris mampu meredam permainan Spanyol.

Inggris menyesuaikan taktiknya dengan permainan Spanyol. Mereka pun sukses mematikan pemain kunci La Roja seperti Rodri, Lamine Yamal, dan Nico Williams.

Di sisi lain Inggris kesulitan membangun serangan berbahaya ke pertahanan Spanyol. Peluang emas sempat didapat dari sepakan Phil Foden di dalam kotak penalti tapi bola dengan mudah diamankan Unai Simon.

Spanyol vs Inggris Lebih Hidup di Babak kedua

Di babak kedua Spanyol mengganti taktiknya. Mereka melakukan pergantian pemain.

Hasilnya, Spanyol bisa mencetak gol cepat via Nico Williams. Inggris lantas merespon balik dengan pergantian pemain juga.

Inggris akhirnya bisa mencetak gol penyeimbang via sepakan Cole Palmer. Tapi setelah itu Spanyol kemudian mengganti taktiknya lagi dan menekan pertahanan The Three Lion dan nyaris mencetak gol via sepakan Lamine Yamal sebanyak dua kali.

Spanyol akhirnya mencetak gol lagi melalui pemain pengganti, Mikel Oyarzabal. Inggris berusaha bermain lebih ofensif tapi sayang, mereka tak bisa mencetak gol.

Gelar Keempat Spanyol

Timnas Spanyol tentu saja sangat girang dengan kemenangan ini. mereka memang layak jadi juara Euro 2024.
Performa mereka sangat apik di sepanjang turnamen. Mereka bermain sebagai sebuah tim.

Selain itu, mereka punya Luis de la Fuente yang jago taktik. Kombinasi itu akhirnya bisa membuat Spanyol meraih gelar Euro yang keempat.

Mereka sebelumnya juara di edisi tahun 1964, 2008, dan 2012. Spanyol kini jadi pemegang gelar Euro terbanyak, mengalahkan Jerman (3).

Sori Inggris, It’s Not Coming Home!

Di sisi lain, Timnas Inggris tentu saja menangis. ‘It’s not coming home!’

Inggris sudah lama tak menjadi juara di level internasional. Inggris terakhir kali jadi juara pada tahun 1966 silam.

Inggris pun mengulang catatan buruk mereka. Di Euro 2020 lalu mereka masuk ke final

Susunan Pemain

Spanyol: Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Dani Olmo, Nico Williams; Alvaro Morata.

Pelatih: Luis de la Fuente.

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi; Bukayo Saka, Kobbie Mainoo, Declan Rice, Luke Shaw; Phil Foden, Jude Bellingham; Harry Kane.