Info Main Bola – Yang Tersisa dari Belanda vs Inggris: Ollie Watkins Pahlawan Kemenangan The Three Lions

Info Main Bola – Yang Tersisa dari Belanda vs Inggris: Ollie Watkins Pahlawan Kemenangan The Three Lions

Inggris sukses melaju ke final Euro 2024 usai mengandaskan Belanda. Berikut catatan menarik dari pertandingan ini.

Inggris berhadapan dengan Belanda dalam laga semifinal yang digelar di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. The Three Lions memenangkan pertandingan ini dengan skor 2-1 .

Inggris sejatinya sempat tertinggal lebih dulu setelah Xavi Simons mencetak gol di awal babak pertama. Inggris mampu bangkit dan menyamakan skor lewat penalti Harry Kane.

Ollie Watkins yang masuk sebagai pemain pengganti muncul menjadi pahlawan. Dia mencetak gol kemenangan di masa injury time babak kedua.

Berkat hasil ini, Inggris berhak tampil di partai final. Mereka akan menghadapi Spanyol di Olympiastadion, Berlin pada Senin (15/7/2024) dini hari WIB mendatang.

Sejumlah catatan istimewa ditorehkan selepas pertandingan Belanda melawan Inggris. Berikut ini adalah perinciannya.

Catatan Menarik Duel Belanda vs Inggris

1. Inggris kini telah mencapai final dalam dua dari empat turnamen besar mereka di bawah asuhan Gareth Southgate (juga Euro 2020). Mereka hanya melakukannya dalam satu kali dari 23 penampilan Piala Dunia/Euro sebelumnya (Piala Dunia 1966).

2. Gol kemenangan Ollie Watkins pada menit ke-89:59 adalah gol kemenangan paling akhir yang dicetak di semifinal Euro/Piala Dunia (tidak termasuk perpanjangan waktu). Itu juga satu-satunya tembakan tepat sasaran Inggris di babak kedua pertandingan ini.

3. Gol penyeimbang Harry Kane untuk Inggris adalah gol keenamnya di babak sistem gugur Euro, lebih banyak dari pemain lain mana pun dalam sejarah kompetisi tersebut. Itu juga merupakan gol kesembilannya di babak sistem gugur turnamen besar (Piala Dunia/Euro), terbanyak dari semua pemain Eropa.

Catatan Menarik Duel Belanda vs Inggris

4. Inggris adalah tim pertama dalam sejarah Euro yang mencapai final meskipun tertinggal di perempat final dan semifinal.

5. Belanda kini tersingkir dari tujuh pertandingan semifinal di turnamen besar (Piala Dunia/Euro). Itu jumlah terbanyak kedua di antara negara Eropa mana pun, setelah Jerman (8).

6. Inggris telah memenangkan lima dari enam pertandingan terakhir mereka setelah kebobolan gol pertama di Euro. Tidak ada tim yang memenangkan lebih banyak pertandingan di kompetisi setelah kebobolan lebih dulu daripada Three Lions (Prancis dan Spanyol juga 5).

Catatan Menarik Duel Belanda vs Inggris

7. Ollie Watkins menjadi pemain Aston Villa kedua yang mencetak gol untuk Inggris di turnamen besar (Piala Dunia/Euro), setelah David Platt, yang mencetak tiga gol di Piala Dunia FIFA 1990.

8. Gol Xavi Simons pada menit ketujuh adalah gol paling awal yang dicetak di semifinal Euro sejak Alan Shearer melawan Jerman pada tahun 1996 (menit ketiga).

9. Pada usia 21 tahun dan 80 hari, Xavi Simons juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Belanda di babak sistem gugur turnamen besar (Piala Dunia/Euro).

Catatan Menarik Duel Belanda vs Inggris

10. Pada usia 19 tahun dan 82 hari, Kobbie Mainoo menjadi pemain termuda yang bermain untuk Inggris di semifinal turnamen besar. Tidak ada pemain Inggris yang melakukan lebih banyak tekel (2) atau intersep (2) daripada Mainoo saat melawan Belanda.

11. Ini adalah semifinal Kejuaraan Eropa pertama yang mempertemukan empat pemain berusia 21 tahun ke bawah (Bart Verbruggen dan Xavi Simons untuk Belanda, Kobbie Mainoo dan Jude Bellingham untuk Inggris).

Jadwal Final Euro 2024

Spanyol vs Inggris
Olympiastadion, Berlin
Senin, 15 Juli 2024
02.00 WIB