Info Main Bola Digeprek Timnas Spanyol, Luciano Spalletti Akui Timnas Italia Kalah Kelas

Info Main Bola Digeprek Timnas Spanyol, Luciano Spalletti Akui Timnas Italia Kalah Kelas
Pelatih Timnas Italia di Euro 2024 Luciano Spalletti

InfoMainBola – Luciano Spalletti mengatakan bahwa ada perbedaan besar antara Timnas Italia dan Timnas Spanyol setelah ia gagal memberikan kemenangan untuk Gli Azzurri.

Sang juara bertahan harus menerima pil pahit saat menghadapi La Furia Roja pada laga kedua Grup B Euro 2024. Bermain di Arena AufSchalke, Jumat (21/6/2024) dini hari WIB, tim asuhan Spalletti kalah 0-1.

Pertandingan berlangsung ketat hingga akhirnya kebuntuan pecah di menit 55 saat Nico Williams melepaskan umpan silang dari sisi kiri yang sempat membentur kepala Alvaro Morata dan jari Gianluigi Donnarumma sebelum mengenai lutut Riccardo Calafiori dan masuk ke gawang sendiri.

Dengan hasil ini, Timnas Spanyol berhasil menyegel satu tempat ke babak 16 besar. Sedangkan, Timnas Italia wajib terhindar dari kekalahan di pertandingan terakhir mereka di grup melawan Kroasia untuk memastikan kelolosan mereka.

Gagal Imbangi Spanyol

Di laga ini, Timnas Italia tampil inferior bahkan cenderung dikurung total oleh Timnas Spanyol. Terbukti, mereka tidak mencatatkan satu pun tembakan ke arah gawang.

Pasca pertandingan, Spalletti mengatakan Gli Azzurri tidak sanggup mengimbangi perlawanan tim asuhan Luis de la Fuente.

“Saya tidak kecewa, namun sudah jelas sejak awal mereka jauh lebih tajam dari kami. Jika Anda tidak bereaksi dengan kecepatan yang sama, semuanya menjadi lebih sulit,” kata Spalletti.

“Ini adalah analisis sederhana, mereka lebih cepat dari kami dalam membuat pilihan, dalam melakukan pressing, dalam bekerja sama dan semuanya bermuara pada fakta bahwa kami tidak setajam mereka.”

Akui Kalah Kelas

Spalletti, yang mengambil alih posisi pelatih Italia pada bulan September, sebelum pertandingan sempat mempermasalahkan anggapan bahwa Spanyol merupakan tim yang lebih unggul dalam hal penyerangan, namun pada saat peluit akhir dibunyikan, ia mengakui adanya perbedaan.

“Mereka jauh lebih kuat dari kami dan mereka layak untuk menang, ketika kaki-kaki tidak bekerja, karakter dan kepribadian tidak menjadi masalah,” sambung Spalletti.

“Pada saat-saat tertentu kami bisa saja membuat keputusan taktis yang berbeda dan menjaga tim lebih rapat, namun mereka bergerak jauh lebih cepat dari kami, bereaksi jauh lebih cepat. Perbedaannya terlalu jelas”

Tuntut Bangkit

Asa Timnas Italia untuk lolos ke babak selanjutnya belum tertutup rapat. Mereka kini hanya membutuhkan satu poin atas Kroasia untuk menyegel posisi runner up.

Hal ini dikarenakan meskipun Albania mengalahkan Spanyol pada pertandingan lainnya, Gli Azzurri memiliki rekor head to head yang lebih unggul.

“Kami harus bangkit, mampu bernalar dengan cara yang benar dalam situasi yang kami lihat hari ini,” pungkas Spalletti.