Info Main Bola Harry Kane dan Trent Alexander-Arnold Ditarik Keluar Lebih Awal Kontra Denmark, Begini Penjelasan Southgate

Info Main Bola Harry Kane dan Trent Alexander-Arnold Ditarik Keluar Lebih Awal Kontra Denmark, Begini Penjelasan Southgate
Piala Dunia 2022: Gareth Southgate di laga Inggris vs Iran.

InfoMainBola – Gareth Southgate mengungkapkan alasannya mengenai dirinya menarik keluar lebih awal Harry Kane dan Trent Alexander-Arnold dalam pertandingan melawan Denmark.

Timnas Inggris harus puas berbagi angka dengan sang lawan pada laga kedua Grup C Euro 2024. Bertanding di Frankfurt Arena, Kamis (20/6/2024) malam WIB, kedua tim bermain sama kuat 1-1.

Kane membawa Inggris memimpin setelah 18 menit laga berlangsung namun Morten Hjulmand menyamakan kedudukan 10 menit sebelum turun minum dengan tendangan keras dari jarak jauh.

Inggris menjadi layu sejak saat itu, berulang kali kehilangan bola di lapangan dalam penampilan yang lamban di mana mereka kehilangan kesempatan untuk lolos ke babak sistem gugur sebagai juara grup.

Alasan Tarik Keluar Kane

Kane kesulitan untuk memaksakan dirinya dalam permainan setelah golnya dan dalam sebuah keputusan mengejutkan, Southgate memilih untuk mengganti sang kapten di menit ke-70, dan memasukkan Ollie Watkins untuk menggantikannya.

Menjelaskan keputusannya untuk menarik kaptennya keluar lapangan, Southgate berdalih ingin melakukan penyegaran terhadap sektor lini depan.

“Kami membutuhkan tambahan energi. Kami telah menjalani dua pertandingan dan kami membutuhkan kaki-kaki yang segar, kami membutuhkan energi untuk menekan,” ucap Southgate.

“Dan pada level permainan seperti itu, Harry hanya memiliki satu pertandingan selama 90 menit dalam waktu lebih dari sebulan, jadi itulah keputusan yang kami ambil.”

Diketahui bahwa sang penyerang absen dalam dua pertandingan terakhir klubnya musim ini karena masalah punggung.

Ia kemudian mendapat kritikan pedas setelah pertandingan, dengan mantan striker Inggris, Alan Shearer dan Gary Lineker, termasuk di antara mereka yang mengkritik penampilannya.

Butuh Penyegaran

Sementara itu, Alexander-Arnold diberi peran sebagai gelandang pada pertandingan pembuka grup Inggris melawan Serbia.

Bek kanan Liverpool ini kembali mengalami kesulitan saat menghadapi Denmark dan setelah babak pertama yang mengecewakan, ia digantikan delapan menit memasuki babak kedua oleh Conor Gallagher.

“Kami ingin memasukkan Conor, kami membutuhkan energi, kami perlu menekan dengan lebih baik,” kata Southgate.

“Conor mampu melakukannya dengan sangat baik.”

Murni Tambah Energi

Gelandang Chelsea tersebut dimasukkan bukan tanpa sebab, Southgate menjelaskan bahwa pergantian pemain juga dilakukan dengan tujuan untuk menyuntikkan energi ke dalam performa timnya.

“Dia memiliki beberapa momen di mana dia memberikan apa yang kami pikir akan dia lakukan,” sambung Southgate.

“Kami tahu ini adalah sebuah eksperimen dan kami tahu bahwa kami tidak memiliki pengganti yang sepadan untuk seorang Kalvin Phillips, namun kami mencoba beberapa hal yang berbeda dan saat ini kami tidak mengalir seperti yang kami inginkan.”