Info Main Bola Statistik Turki vs Georgia: Pertandingan Terbaik Matchday 1 Euro 2024

Info Main Bola Statistik Turki vs Georgia: Pertandingan Terbaik Matchday 1 Euro 2024
Arda Guler merayakan golnya di laga Euro 2024 antara Turki vs Georgia di Signal Iduna Park, Selasa (18/6/2024

InfoMainBola -Turki dan Georgia menyuguhkan performa luar biasa ketika bertemu di Signal Iduna Park kemarin. Pertandingan dua tim ini bahkan layak disebut sebagai pertandingan terbaik di matchday 1 Euro 2024 sejauh ini.

Selasa, 18 Juni 2024, Turki tampil tangguh untuk mengalahkan Georgia dengan skor 3-1 dalam duel matchday 1 Grup F Euro 2024. Total empat gol tercipta, tapi skor 3-1 kali ini tidak cukup menggambarkan kualitas dan intensitas pertandingan.

Turki unggul lebih dahulu lewat aksi Mert Muldur di menit ke-25, tapi Georgia dengan cepat menyamakan kedudukan melalui Georges Mikautadze di menit ke-32.

Di babak kedua, Arda Guler si bocah ajaib lantas mencetak gol krusial di menit ke-65 yang membawa Turki kembali unggul. Lalu, di menit ke-90+7, Akturkoglu mencetak gol kemenangan Turki.

Bicara angka, statistik Turki vs Georgia bisa sedikit menggambarkan serunya pertandingan ini. Selama 90 menit, Turki melepas total 22 percobaan tembakan, 8 di antaranya tepat sasaran. Georgia melepas total 14 percobaan tembakan, 5 tepat sasaran.

Statistik Turki vs Georgia

Tembakan: 22 – 14
Tembakan tepat sasaran: 8 – 5
Penguasaan bola: 56% – 44%
Operan: 572 – 439
Akurasi operan: 89% – 85%
Pelanggaran: 10 – 7
Kartu kuning: 2 – 1
Kartu merah: 0 – 0
Offside: 2 – 1
Tendangan sudut: 5 – 5

Angka-angka di atas bisa sedikit menggambarkan serunya pertandingan. Kedua tim sama-sama melepas banyak percobaan tembakan, bukti bahwa laga berlangsung intens dan terbuka, jual-beli serangan terus terjadi.

Mungkin karena pertandingan ini tidak begitu digembar-gemborkan seperti laga-laga Prancis, Inggris, Italia, atau Jerman. Nah justru karena ekspektasi rendah tersebut, fans bisa menikmati pertandingan luar biasa.

Pertunjukan Arda Guler

Selain suguhan pertandingan intens di level top, laga Turki vs Georgia kemarin juga jadi panggung pertunjukan bakat muda Turki, Arda Guler.

Guler mencetak gol kedua timnya di menit ke-65, gol luar biasa yang bahkan membuat fans lawan kagum. Winger 19 tahun ini mendapatkan bola di sisi kanan lini serang Turki, membelokkan bola ke dalam, lalu melepas tembakan melengkung dari jarak jauh.

Gol tersebut mengantar Guler memecahkan rekor debutan termuda (19 tahun 114 hari) yang bisa mencetak gol di pertandingan Euro pertamanya. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Cristiano Ronaldo, ketika mencetak gol untuk Portugal di Euro 2024 dalam usia 19 tahun 128 hari.

Susunan pemain

TURKI (4-2-3-1): Mert Gunok; Mert Muldur, Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadıoglu, Hakan Calhanoglu, Kaan Ayhan, Arda Guler, Orkun Kokcu, Kenan Yildiz, Barıs Alper Yilmaz

Subs-in: Zeki Celik, Merih Demiral, Kerem Akturkoglu, Yusuf Yazici, Salih Ozcan

Pelatih: Vincenzo Montella

GEORGIA (3-5-2): Giorgi Mamardashvili; Lasha Dvali, Guram Kashia, Solomon Kvirkvelia, Giorgi Tsitaishvili, Giorgi Kochorashvili, Anzor Mekvabishvili, Giorgi Chakvetadze, Otar Kakabadze, Georges Mikautadze, Khvicha Kvaratskhelia

Subs-in: Budu Zivzivadze, Davitashvili, Locoshvili, Altunashvili